Penerapan Protokol Kesehatan 3M Jadi Kunci Tidak Tertular

KalbarOnline.com – Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian menyampaikan agar Indonesia terlindung dan bebas dari virus Korona, diperlukan kolaborasi total dari seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Protokol kesehatan tersebut adalah 3M yakni wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. “Untuk saling bahu membahu dengan saling menegur dan menjaga orang terdekat dalam hal penerapan protokol kesehatan,” ujar Andre.

Baca Juga :  Tidak Boleh Beraktivitas, FPI Berencana Layangkan Gugatan ke PTUN

Andre menuturkan, para tokoh masyarakat memegang peran penting dalam mengajak dan menjaga masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Para tokoh masyarakat ini adalah ujung tombak kedisiplinan serta kepatuhan mereka dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi suatu contoh panutan bagi para pengikutnya.

“Sehingga jangan malah melakukan kegiatan yang bertentangan dengan protokol dan membahayakan masyarakat,” katanya.

Kedisiplinan di era pandemi ini adalah sebuah gerakan pre-vaksin yang bisa berjalan dengan sukses jika didukung oleh kolaborasi dan dukungan dari seluruh pihak.

Baca Juga :  Gus Jazil: Gali Secara Maksimal Untuk Kesejahteraan Rakyat

Andre menambahkan, Satgas terutama Bidang Koordinasi Relawan mengingatkan bahwa puluhan bahkan dan sudah bekerja mengedukasi, mengajak dan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan perubahan perilaku sebagai satu-satunya jalan menghindari penularan Covid-19.

“Jangan sampai usaha selama delapan bulan ini, dengan banyak pengorbanan, hilang karena tokoh masyarakat yang abai. Tolong pikirkan nasib masyarakat yang bisa tertular, terutama kelompok rentan,” ungkapnya.

Comment