Masyarakat Diminta Tak Halangi Petugas Penegak Protokol Kesehatan

KalbarOnline.com – Satuan Tugas Covid-19 menyesalkan warga yang masih belum berkomitmen atau kompak dalam disiplin mematuhi protokol kesehatan. Padahal 3M yakni wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak adalah kunci utama dalam pengendalian kasus Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan saat ini angka positivity rate Covid-19 di tingkat nasional mencapai 18,1 persen. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan minggu sebelumnya yang hanya mencapai 13,81 persen.

“Angka ini sangat mengkhawatirkan dan harus menjadi perhatian kita semua, tingginya positivity rate mencerminkan masih banyaknya penularan yang terjadi di masyarakat,” sebutnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/12).

Terkait dengan hal ini, dirinya meminta kepada masyarakat untuk secara serius dan disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M dan menjauhi kerumunan dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Dia juga meminta masyarakat jangan menghalangi petugas yang sudah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Bupati Ketapang Larang Perayaan Malam Tahun Baru, Ini Empat Imbauannya

“Jangan sedikit pun lengah, apabila kita lengah, maka secara langsung kita membuka kesempatan untuk tertular dan menulari oranag orang terdekat kita,” kata Prof Wiku.

“Ingat, masyarakat harus mematuhi seluruh imbauan dan arahan aparat penegak hukum terkait protokol kesehatan. Saya juga ingatkan kepada masyarakat untuk tidak mengahalang-halangi petugas yang melakukan penegakan disiplin terkait protokol kesehatan,” tambahnya.

Prof Wiku meminta masyarakat bersikap kooperatif dan tidak menghalangi upaya penegakan disiplin. Sebab ancamannya bisa dipidana sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Bagi pemerintah dan satgas daerah, terdapat tren kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang menurun, khususnya di kota besar dan daerah pendukung lainnya, seperti Jabodetabek. Terkait hal ini, saya meminta agar penegakan disiplin terkait protokol kesehatan segera dievaluasi secara menyeluruh,” tuturnya.

Baca Juga :  Maskapai Penerbangan Diminta Persyaratkan Tes PCR ke Penumpang untuk Bisa Terbang ke Kalbar

Prof Wiku meminta agar dilakukan perbaikan untuk memastikan masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan. Dirinya mengingatkan Covid-19 dapat menyerang siapa pun dan menimbulkan korban tidak hanya mereka yang sakit, tapi juga mereka yang tidak dapat beraktivitas karena terdampak pandemi ini secara ekonomi.

“Oleh karena itu hanya satu kuncinya, patuhi protokol kesehatan. Dengan patuh terhadap protokol kesehatan, maka aktivitas masyarakat dappat dilakukan dengan aman tanpa memakan korban,” jelasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment