Penelitian: Minum Kopi Hitam 2-3 Cangkir Bisa Turunkan Berat Badan

KalbarOnline.com – Kopi hitam diyakini kaya antioksidan. Kopi juga memberi energi instan dan dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes. Selain itu, kopi ternyata juga sangat efektif dalam membantu penurunan berat badan.

Kopi meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Namun disarankan untuk mengonsumsi kopi hitam tanpa tambahan apapun seperti gula, susu, krim. Dalam laman Times of India, persentase lemak tubuh 2,8 persen lebih rendah pada mereka yang minum 2 atau 3 cangkir kopi per hari. Namun temuan itu ditemukan pada perempuan.

Sementara hasilnya tidak seefektif pria berusia 20-44 tahun yang minum dua atau tiga cangkir per hari. Mereka memiliki lemak total 1,3 persen lebih sedikit dan lemak tubuh 1,8 persen. Penelitian itu diterbitkan dalam The Journal of Nutrition.

Baca Juga: Rutin Minum Kopi dan Teh Hijau Bantu Pengidap Diabetes Panjang Umur

“Penelitian kami menunjukkan bahwa mungkin ada senyawa bioaktif dalam kopi selain kafein yang bisa mengatur berat badan dan berpotensi sebagai senyawa anti-obesitas,” kata penulis studi senior dari Anglia Ruskin University di Inggris dr. Lee Smith.

Baca Juga :  5 Teh yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Peneliti dari National Health and Nutrition Examination Survey, yang diselenggarakan oleh Center for Disease Control (CDC) di AS melihat hubungan antara cangkir kopi yang diminum per hari, dan persentase lemak tubuh total. Diketahui bahwa perempuan berusia 20-44 tahun yang minum 2 atau 3 cangkir kopi per hari memiliki tingkat adipositas atau kegemukan terendah, 3,4 persen lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsi kopi. Di antara perempuan berusia antara 45-69 tahun, mereka yang minum 4 cangkir atau lebih memiliki persentase adipositas 4,1 persen lebih rendah.

Mengapa bisa demikian? Dilansir dari Pink Villa, Senin (14/12), inilah faktor yang menyebabkan kopi bisa menurunkan berat badan.

1. Adanya asam klorogenat

Kopi hitam mengandung asam klorogenat yang mempercepat proses penurunan berat badan. Maka secara signifikan memperlambat produksi glukosa dalam tubuh. Kopi juga mengandung berbagai antioksidan yang membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga :  Pisang Ternyata Bisa Membantu Turunkan Berat Badan Lho!

2. Kafein

Kehadiran kafein dalam kopi hitam berperan sebagai pendorong energi dan meningkatkan metabolisme. Sehingga membuat Anda merasa aktif dan energik untuk membantu membakar lebih banyak kalori. Kopi hitam juga menjaga kadar kolesterol darah.

3. Mengontrol rasa lapar

Kopi hitam meningkatkan dan mempercepat proses metabolisme yang menghasilkan menekan rasa lapar dan mengurangi asupan energi. Sehingga bekerja pada hormon kelaparan yang dikenal sebagai Peptide YY yang menekan nafsu makan.

4. Mengurangi kadar air

Beberapa orang mengalami kenaikan berat badan karena kandungan air yang tinggi di dalam tubuhnya. Mengonsumsi kopi hitam menyebabkan peningkatan buang air kecil yang pada gilirannya menyebabkan penurunan kadar air yang signifikan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment