Peneliti UGM Ciptakan Ge-Nose C19, Airlangga Puji Alat Uji Covid-19

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi peneliti UGM yang melakukan inovasi dan berhasil menemukan alat uji Covid 19 yang dinamakan Ge-Nose C19. Karena alat uji tersebut lebih simpel dan murah.

“Saya mengapresasi dalam masa pendemi, Sinergi 5K (Kampus, Keraton, Kampung, Komunitas, dan Korporasi) telah terbukti mampu memberikan sumbangsih bagi masyarakat,” ujar Airlangga Hartarto saat mengikuti acara Perayaan Nitilaku Perguruan Kebangsaan Universitas Gadjah Mada tahun 2020 sekaligus peringatan Dies Natalis UGM yang ke 71 yang dilakukan secara daring, Minggu (13/12).

Airlangga mengatakan peneliti UGM telah menghasilkan terobosan inovasi melalui alat Ge-Nose C19, yang merupakan pengembangan uji Covid-19 yang simpel, murah dan cepat mendapatkan hasil. Yaitu hanya melalui embusan nafas. Terobosan ini, dapat menjadi solusi uji Covid-19 yang lebih efektif dan cepat di tengah tingginya mobilitas masyarakat.

Baca Juga :  Gedung Kejaksaan Agung Kebakaran, Di Sini ST Burhanuddin Bakal Ngantor

“Inovasi dari kampus dan sinergi antara kampus dan korporasi seperti inilah yang perlu direplikasi oleh seluruh universitas di Indonesia,” ujarnya.

Peran kampus, menurutnya, tidak hanya menjalankan aktivitas pendidikan namun juga mampu berkontribusi mengupayakan jalan keluar terhadap berbagai tantangan di masyarakat. “Universitas Gadjah Mada terus berkembang, dan keberadaannya mampu membuktikan bahwa institusi ini telah menjadi pionir pada bidang pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat,” ujar mantan Menteri Perindustrian tersebut.

Baca Juga :  Jokowi Bakal Hadiri Konbes GP Ansor di Minahasa Secara Virtual

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum DPP Partai Golkar itu, mengucapkan selamat atas Dies Natalis ke-71 dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada yang ke-62. “Selamat Ulang Tahun Universitas Gajah Mada. Semoga dapat menjadi institusi pendidikan yang selalu berpijak pada nilai-nilai luhur kebudayaan dan kerakyatan namun tetap dapat menjadi yang terbaik di ranah global,” pungkasnya.

Dia berharap Universitas Gadjah Mada terus mampu menjawab berbagai tantangan di ranah domestik maupun internasional. Serta memberikan sumbangsihnya pada rakyat dan negara terutama dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment