by

Tidur Tanpa Bantal? Ini Manfaat dan Risikonya!

Gengs, apakah Kamu terbiasa tidur tanpa menggunakan bantal? Penelitian mengungkapkan bahwa tidur tanpa bantal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho! Tentu, ada kelebihan dan kekurangan tidur dengan bantal. Penasaran? Baca artikel ini sampai habis ya!

Manfaat Tidur Tanpa Bantal

Berikut ini adalah beberapa manfaat tidur tanpa bantal”

Mengurangi alergi. Bantal, apalagi yang jarang diganti adalah sarang debu dan kotoran. Bantal juga merupakan rumah bagi tungau debu, yang dengan cepat menumpuk dan bisa menyebabkan alergi.

Mencegah sakit punggung. Tidak sedikit bantal yang justru menyebabkan posisi tidur yang tidak wajar. Meskipun bantal tidak akan membuat punggung Kamu sakit, tapi bisa memperburuk gejala yang sakit punggung yang sudah Kamu miliki.

Hanya karena bantal Kamu nyaman, bukan berarti itu pilihan terbaik untuk kesejajaran leher dan tulang belakang. Tidur tanpa bantal bisa membuat tulang punggung Kamu rileks dan menempatkan tubuh dalam posisi aslinya, Gengs! Menyesuaikan diri dengan tidur tanpa bantal dapat membantu Kamu menjaga kelengkungan alami tubuh. So, ucapkan selamat tinggal pada sakit punggung!

Kulit lebih bersih. Bantal merupakan sarang untuk kulit mati, keringat, air liur, minyak, dan kotoran. Sulit untuk membersihkan bantal walaupun Kamu sudah mencuci sarung bantal.

Baca juga: Kapan Bantal Sebaiknya Diganti?

Cegah timbulnya jerawat. Siapa mengira kalau jerawat bisa disebabkan oleh bantal atau sarung bantal? Saat tidur dengan posisi menyamping atau tengkurap, kita menekan wajah di atas bantal dan menyeretnya saat mengubah posisi tidur.

Tidur seperti itu bisa mengakibatkan kulit tidak bisa bernapas atau terhidrasi. Akibatnya, wajah akan terasa lebih berkeringat dan berminyak karena pori-pori tersumbat debu atau kotoran yang menempel di bantal. Tidur tanpa bantal bisa membantu menghilangkan beberapa jerawat yang ada di wajah Kamu, Gengs!

Meningkatkan kualitas tidur. Ketika tidur tanpa bantal, Kamu akan menemukan posisi yang optimal pada malam hari. Walaupun mungkin, Kamu membutuhkan beberapa minggu untuk penyesuaian, namun akhirnya bisa tidur nyenyak. Dengan begitu, kualitas tidur Kamu mengalami peningkatan.

Mengurangi sakit kepala. Apabila Kamu bangun tidur dengan sakit kepala atau pusing, besar kemungkinan disebabkan oleh bantal yang Kamu pakai. Bantal yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kepala leher Kamu membulat ke depan, menambah ketegangan pada otot leher. Inilah yang mungkin membuat Kamu pusing di pagi hari setelah bangun dari tempat tidur.

Baca juga: Bantal dan Guling Harus Dijemur Secara Rutin

Mengurangi stres. Sulit tidur di malam hari akan membuat Kamu membolak-balikkan tubuh untuk mencari posisi nyaman agar mata bisa terpejam. Semakin banyak gangguan tidur yang dialami, semakin sedikit waktu yang dimiliki tubuh untuk memperbaiki fungsi penting. Kurang tidur secara terus menerus dapat memengaruhi suasana hati dan berpikir Kamu. Akibatnya, tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon stres di siang hari.

Bagus untuk rambut. Jika Kamu bangun tidur di pagi hari dengan rambut kering dan kusut, pertimbangkan untuk tidur tanpa bantal. Saat tubuh bolak-balik di malam hari, rambut Kamu akan bergesekan dengan sarung bantal yang menyebabkan rambut patah. Selain itu, sarung bantal juga dapat menyerap minyak dari rambut. Dampaknya, rambut Kamu akan kering dan rapuh.

Kerugian Tidur Tanpa Bantal

  • Memperburuk kondisi kesehatan tertentu. Apabila Kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, dokter mungkin akan menyarankan Kamu untuk tidur dengan posisi miring, di mana kepala lebih tinggi dari tubuh. Tentu, posisi ini tidak bisa dilakukan apabila Kamu tidur tanpa bantal. Selain itu, jika Kamu memiliki kondisi kardiovaskular tertentu, tidur tanpa bantal dapat memperburuk kondisi kesehatan Kamu dan berpotensi mengakibatkan stroke, gagal jantung, atau tersumbatnya paru-paru.
  • Menyebabkan mendengkur dan apnea tidur. Tidur telentang atau menyamping tanpa bantal dapat menyebabkan lidah tertarik, yang dengan mudah membuat Kamu mendengkur. Apabila Kamu menderita sleep apnea obstruktif, tidur tanpa bantal dapat memperburuk kondisi tersebut.
Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Sleep Apnea

Referensi:

TerryCralle. Should You Sleep Without Pillow?

Smart Nora. Is It Bad To Sleep Without A Pillow?

Bright Side. What Might Happen to Your Body If You Start Sleeping Without a Pillow

Comment

Terbaru