by

Lebih Nyaman dan Mudah, Singapura Mulai Uji Covid-19 Lewat Air Liur

KalbarOnline.com – Singapura telah menyetujui kit Covid-19 dari Advanced MedTech Holdings untuk digunakan dalam menguji air liur dari dalam tenggorokan. Meski kasusnya rendah, namun Singapura tetap gencar meningkatkan pengujian atau tes untuk melanjutkan lebih banyak aktivitas ekonomi.

Tes tersebut adalah yang pertama mendapat persetujuan dari Otoritas Ilmu Kesehatan Singapura. Advanced MedTech merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh investor Singapura Temasek.

“Metodenya, pasien perlu mengeluarkan air liur dari dalam tenggorokan mereka dan meludah ke dalam botol spesimen untuk dites,” kata Advanced MedTech.

Baca juga: Jadi Lokasi Pasien Covid-19 Gelar Pesta, Restoran di Singapura Ditutup

Ini akan membuat pengumpulan spesimen jauh lebih tidak invasif dan lebih nyaman bagi pasien daripada metode pengumpulan saat ini melalui penyeka yang dimasukkan ke bagian belakang hidung atau tenggorokan. Tidak ada pasien yang ingin usap di hidung atau bagian belakang tenggorokan mereka.

“Memiliki alat tes Covid-19 yang cepat, tanpa rasa sakit, dan akurat adalah pengubah permainan bagi Singapura saat kami membuka kembali perbatasan kami,” kata Ketua Eksekutif Grup Advanced MedTech Abel Ang.

Baca juga: Penularan Covid-19 di Bandara Changi Singapura, Petugas Kebersihan OTG

Hongkong dan Taiwan juga telah menggunakan sampel air liur tenggorokan untuk menguji virus Korona. Tes ini akan digunakan di Bandara Changi pada 2021. Dikatakan ampu secara akurat mengidentifikasi semua kasus positif yang diketahui dalam studi klinis. Tes tersebut harus mempercepat kemampuan pengujian dan berarti peningkatan 4 kali lipat dalam output sampel dibandingkan dengan tes RT-PCR (reverse transcription-polymerase chain reaction) konvensional.

Saksikan video menari berikut ini:

Comment

Terbaru