Komisi IX: Persiapan Vaksinasi Butuh Dukungan Semua Pihak

KalbarOnline.com – Wakil Ketua Komisi lX DPR, Melki Laka Lena mengapresiasi kinerja pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang berhasil mendatangkan vaksin sesuai ketentuan dan aturan baik dari WHO dan BPOM. Selanjutnya, kata Melki, pemerintah perlu memberikan jaminan bahwa vaksin itu aman untuk masyarakat.

“Kepala BPOM Rl Penny Lukito dan jajarannya sebagai otoritas yang menjamin keamanan dan efisien vaksin,” ujar Meli kepada wartawan, Sabtu (12/12).

Baca Juga :  Patuhi Protokol Kesehatan 3M jadi Kunci Sekolah Cegah Klaster Baru

Menurut Melki, BPOM perlu lebih aktif lagi mlakukan koordinasi dengan semua pihak terkait dan mengedukasi masyarakat. Sehingga persiapan dan pelaksanaan vaksinasi di lapangan bisa berjalan lancar.

Dia juga menyarankan agar penentuan penerima vaksin dipersiapkan secara matang. Bisa dengan melibatkan berbagai pihak terkait di lapangan seperti tenaga kesehatan, TNI Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Jika Tak Mau Tertular Covid-19, Jangan Abai Protokol 3M

“Tahap awal pelaksanaan vaksin menjadi penentu sehingga harus dipersiapkan secara baik dan detail, baik kategori penerima dan daerah penerima,” ungkapnya.

Lebih lanjut Melki mengatakan, meski sudah ada vaksinasi, namun kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan 3M tidak boleh berkurang.

“Pencegahan dan penanganan Covid-19 harus tetap mengutamakan konsistensi masyarakat, para pemimpin dan tenaga kesehatan dalam melaksanakan 3M,” ungkapnya.

Comment