Hal Penting Dilakukan Saat Pengecekan Mobil Sebelum Diajak Liburan

KalbarOnline.com –  Mungkin Anda diantara orang-orang yang berencana untuk liburan keluarga di akhir tahun dengan membawa mobil pribadi. Ya, liburan keluarga memang sangat menyenangkan dan ditunggu-tunggu, meskipun masih dalam suasana pandemi covid-19 jangan lupa selalu merapkan protokol kesehatan.

Disisi lain persiapan kendaraan yang akan digunakan haruslah “sehat” jangan sampai liburan Anda bersama keluarga terganggu dengan masalah mobil yang Anda gunakan. Sebaiknya melakukan perawatan mobil dan melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal yang harus diperiksa sebelum pada mobil Anda sebelum diajak liburan ke luar kota. Karena dengan bepergian baik dengan jarak tempuh dekat maupun jauh mobil tetap harus dalam kondisi prima.

Baca Juga :  Awal Tahun Yamaha MT-25 Cuma Ganti Baju

Apalagi dalam kondisi jalanan macet, mobil yang biasanya hanya bekerja 8-10 jam sehari bisa menjadi 20-24 jam. Ini akan menyebabkan mesin dan komponen mobil di paksa ke tahap maksimal, maka perawatan mobil secara menyeluruh sangat penting

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi ban, lakukan pengecekan untuk alur ban, dan kebocoran. Serta lakukan pengecekan tekanan angin yang sesuai, biasanya terdapat sticker rekomendasi di pintu sopir.

Apabila diperlukan lakukan spooring dan balancing atau rotasi ban. Jangan lupa kondisi ban cadangan harus dalam keadaan optimal. Untuk pencegahan kita dapat mengisi cairan penambal otomatis di setiap ban yang dapat dibeli dipasaran.

Baca Juga :  Gaikindo Umumkan Kembali Tunda Event Otomotifnya

Kedua pengecekan kondisi rem dan yang terkait dalam hal ini adalah oli rem, kampas rem. Ketiga adalah suspensi apakah ada kebocoran damper atau masalah dudukan karet suspensi.

Hal yang keempat adalah ganti oli bila sudah seharusnya dilakukan penggantian. Gunakan oli yang berkualitas tinggi dan yang tahan panas, karena dengan kondisi macet otomatis mesin akan menjadi lebih panas. Menggunakan oli dengan kualitas rendah akan lebih mudah menguap dan rusak kadar olinya.

Keempathal ini perlu dilakukan sebelum Anda melakukan perjalanan untuk berlibur. Dan jangan lupa berkendara dengan tertip dan selalu mematuhi aturan lalu lintas selama pejalanan.

Comment