Satgas Covid-19: Jaga Kondusifitas Sampai Rangkaian Pilkada Selesai

KalbarOnline.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Rabu (9/12) berjalan aman dan terkendali berdasarkan hasil pemantauan. Namun, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, mengingatkan bahwa rangkaian pilkada serentak belum selesai dan pandemi Covid-19 masih mengintai.

Apapun bentuknya, Wiku menegaskan, kegiatan pengerahan massa oleh pasangan calon terpilih berdasarkan hasil hitung cepat tetap dilarang. Termasuk pasangan calon yang kalah pun dilarang mengerahkan massa.

Wiku mengingatkan saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 yang berisiko tinggi terhadap penularan.

“Saya ingatkan masyarakat dan pasangan calon, dilarang melakukan kegiatan pengerahan massa dalam pilkada untuk merayakan kemenangan, setelah hasil hitung cepat keluar. Karena pilkada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, sehingga saya meminta kedewasaan dan kebijaksanaannya untuk tidak menyelenggarakan acara, yang berpotensi memicu kerumunan, apapun alasannya,” tegas Wiku dalam keterangannya, Jumat (11/12).

Baca Juga :  Besok Berangkat ke Amerika, Prabowo Akui Sudah Dapat Izin Jokowi

Hal yang perlu diingat, kata Wiku masih terdapat tahapan-tahapan lainnya paska pemungutan suara Sejumlah tahapan yang dimaksud, seperti rekapitulasi hasil pemungutan suara, penetapan pemenang oleh KPU dan pelantikan pasangan calon terpilih yang akan dilakukan pemerintah.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada masyarakat, penyelenggara pilkada serentak dan juga pimpinan daerah untuk terus menjaga kondusifitas, yang sudah berjalan dengan baik sampai seluruh rangkai pilkada tuntas,” katanya.

Baca Juga :  MK Diminta Diskualifikasi Pasangan Eri Cahyadi–Armudji

Kondusifitas harus terus dijaga hingga seluruh rangkaian Pilkada tuntas. Karena, dari hasil evaluasi tingkat kepatuhan pemilih terhadap protokol kesehatan cukup tinggi.

Dari pantauan di lapangan, menunjukkan bahwa protokol kesehatan dalam tahapan pemungutan suara sudah cukup baik. Masyarakat pun dinilai sudah berhasil menerapkan upaya 3M yaitu wajib memakai masker, wajib menjaga jarak, dan wajib mencuci tangan.

“Sudah berhasil menerapkan 3M. Jadi ini perlu diapresiasi,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment