Juara Dunia Junior Masuk Skuad Timnas, Lengkapi Minions dan Daddies

KalbarOnline.com – PBSI telah merilis nama-nama pebulu tangkis pada Asian Leg di Bangkok, Thailand, Januari mendatang. Sebagaimana diketahui, Asian Leg terdiri atas Yonex Thailand Open mulai 12–17 Januari, Toyota Thailand Open pada 19–24 Januari, dan yang terakhir BWF World Tour Finals pada 27–31 Januari 2021.

Indonesia bakal mengirimkan 22 wakilnya dari sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Dari daftar nama yang ada, ganda putra menjadi sektor yang paling banyak menyumbangkan atlet. Terdapat enam pasang yang didaftarkan.

Sang pelatih Herry Iman Pierngadi sebelumnya memang memastikan bakal mendaftarkan tiga jagoannya. Yaitu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Baca Juga: Media Malaysia: Anthony Ginting Favorit Peraih Emas Olimpiade Tokyo

Namun, terdapat tambahan slot untuk memasukkan tiga pasang lainnya. Yakni, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Baca Juga :  Pukul Ganda No 2 Dunia, No 1 Korea: Ahsan Pemain yang Sangat Bagus

Ketiga pasang memang memiliki progres cukup baik. Leo/Daniel, misalnya. Saat pertandingan Simulasi Piala Thomas-Uber Cup yang diselenggarakan PBSI, pasangan muda tersebut ditempatkan sebagai ganda pertama. Hal itu membuat keduanya harus bentrok dengan tiga pasang jagoan tanah air.

Kendati demikian, Leo/Daniel tampil cukup apik dengan berhasil meraih dua kemenangan melawan Hendra/Ahsan alias The Daddies (21-15, 21-17), Marcus/Kevin atau Minions (21-16, 21-17), dan satu kekalahan atas Fajar/Rian (13-21, 15-21).

Kemenangan melawan dua ganda dengan segudang pengalaman dan gelar menjadi modal berharga bagi Leo/Daniel yang merupakan juara dunia junior 2019 tersebut untuk tampil nanti. Waktu yang ada dimanfaatkan untuk memperbaiki semuanya. ”Power, fisik, dan semuanya mesti ditingkatkan lagi,” kata Leo.

Herry menargetkan, pasukannya bisa terus menembus babak final dari ajang yang diikuti. Dia tidak khawatir dengan mental bertanding pemain yang sudah lama tidak tampil di kejuaraan internasional karena pandemi. ”Kondisi semua pemain (dari negara lain, Red) sama,” ujarnya.

Baca Juga :  Dulu Ejek Sebagai Gadis Muda, Sekarang Mau Bertinju Lawan Youtuber

Di sisi lain, Fitriani tidak disertakan. Namun, belum diketahui secara jelas mengapa juara Thailand Master 2019 itu tidak didaftarkan. Pelatih tunggal putri Rionny Mainaky ketika dikonfirmasi enggan memberikan pernyataan.

Pebulu Tangkis Indonesia di Asian Leg

Tunggal Putra:
Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Tommy Sugiarto, Yehezkiel Fritz Mainaky.

Tunggal Putri:
Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, Lyanny Alessandra Mainaky, Jesica Muljati, Yulia Yosephine Susanto.

Ganda Putra:
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Ganda Putri:
Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Ganda Campuran:
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sumber: PBSI

Comment