Jangan Tularkan Virus, Pasien Korona Harus Disiplin Jalani Pengobatan

KalbarOnline.com – Pasien Covid-19 memiliki sejumlah gejala dari mulai tanpa gejala, ringan, sedang hingga berat. Bagi mereka yang terkonfirmasi positif tapi tanpa gejala atau gejala ringan, disarankan isolasi mandiri di rumah dengan tetap disiplin. Hal itu baik dalam menerapkan protokol kesehatan maupun menjalani pengobatan, agar tidak menulari orang lain yang juga tinggal serumah.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, meminta agar pasien Covid-19 dapat disiplin mematuhi anjuran tenaga kesehatan terkait pengobatan yang dilakukan. Dia juga meminta agar masyarakat tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Ingat, seluruh tahapan pengobatan yang diberikan tenaga kesehatan merupakan upaya untuk memastikan kesembuhan pasien dari Covid-19,” katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/12).

Baca Juga :  Kopaska Temukan Pecahan Pesawat Sriwijaya Air di Kedalaman 23 Meter

Maka Prof Wiku juga menyampaikan terima kasih kepada petugas kesehatan yang sampai sekarang tak kenal lelah memberikan penanganan kepada pasien. Dia berharap Indonesia dapat menekan laju penularan dan semakin memaksimalkan treatment, agar kasus aktif turun dan meringankan bebas tenakes.

Prof Wiku menyampaikan kasus aktif nasional mengalami peningkatan. Per 6 Desember 2020, persentase kasus aktif nasional berada pada 14,46 persen atau naik 1,05 persen dibanding pekan sebelumnya.

“Ini bukan kabar yang baik. Peningkatan kasus aktif nasional menunjukkan masih banyaknya pasien Covid-19 yang saat ini dirawat maupun menjalani isolasi mandiri. Belum sembuh dari penyakitnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tren Kasus Baru Covid-19 Masih Bertambah, Selalu Patuhi Protokol 3M

Baca juga: Lewat Tikus, Ilmuwan AS Temukan Cara Covid-19 Gerogoti Organ Pasien

Menurutnya lonjakan kasus aktif ini kemungkinan besar disebabkan karena treatment atau pengobatan yang diberikan belum berjalan maksimal. Sehingga mereka yang masih positif masih harus dirawat.

“Saya meminta Pemda untuk benar-benar bekerja keras memberikan penanganan yang baik dan sesuai standar kepada pasien Covid-19, sehingga mereka bisa sembuh. Apabila mengalami kendala dalam memberikan penanganan, seperti kendala sarana prasarana segera koordinasikan dengan satgas pusat agar segera dicarikan solusinya,” tuturnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment