Google Ungkap Karakter Pencarian Orang Indonesia Unik

KalbarOnline.com – Google seperti tahun-tahun sebelumnya kembali mengumumkan Year in Search. Dalam ajang yang rutin dilakukan menjelang tutup tahun itu, raksasa mesin pencarian itu mengungkapkan daftar pencarian sepanjang tahun yang paling populer.

Kali ini, di tahun 2020, Google Year in Search 2020 juga kembali digelar. Melalui acara yang kini dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19 itu Google mengungkapkan nama-nama dan topik-topik terpopuler seperti tahun sebelumnya.

Namun, tak seperti biasanya, kali ini Google menyebut kalau pencarian orang Indonesia itu unik. Hal itu disampaikan oleh Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia Fida Heyder yang menyebutkan bahwa pencarian orang Indonesia di Google Search cukup unik.

Baca juga: Ini Topik-topik Paling Banyak Dicari di Google Sepanjang 2020

Dia menyampaikan kalau Google telah menemukan secara garis besar bahwa 2020 merupakan tahun yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal itu sebagaimana diketahui merupakan dampak dari pandemi Covid-19.

Dalam konferensi pers virtual Year in Search 2020 belum lama ini, Fida menjelaskan di seluruh dunia semuanya mencari informasi mengenai tantangan, kenapa ada tantangan, sampai dengan apa yang terjadi. “Uniknya di Indonesia itu tidak berhenti mengenai pertanyaan yang mencoba mengerti, tapi bisa menjadi suatu tindakan, ini menunjukkan bahwa bangsa kita tangguh, dan bergerak maju,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ada Bug di Gmail, Waspada Email Palsu Berbahaya dari Para Hacker

Fida menyebutkan ada sembilan kategori yang diumumkan tahun ini, terdiri dari: Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film, dan daftar utama Tren Penelusuran secara keseluruhan.

Pertama tentang virus Korona, mulai dari apa itu virus Korona dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Informasi lainnya, Fida melanjutkan, hampir setiap tahun orang Indonesia suka makan, dan banyak trending tentang makanan. Menurutnya, ini kemungkinan karena banyak yang tidak beraktivitas di luar rumah.

Salah satu yang diungkapkan dalam Google Year in Search kali ini adalah topik tentang Odading dan bagaimana resep Odading. “Ini salah satu yang menujukkan orang Indonesia di tengah ketidakpastian pencariannya serius, tapi di satu pihak juga bagaimana harus bertahan hidup dan salah satunya resep makanan,” lanjut Fida.

Fida juga menjelaskan, meskipun ada perbedaan antara tahun ini dan tahun lalu, tapi ada beberapa hal yang mirip. Misalnya, tentang mencoba gaya hidup Sehat. Dia mencontohkan bahwa tahun lalu ada pertanyaan mengenai diet, dan tahun ini lebih aktif, karena tidak hanya bertanya bagaimana hidup sehat, tapi mencari caranya juga dari segi aktivitasnya.

Baca Juga :  Inovasi Lampu UV Bisa Bikin Tanaman Hidroponik Panen Sebulan Sekali

Topik terpopuler lain di Google tahun ini yang terkait dengan peristiwa nasional juga muncul seperti “Omnibus Law”, “Resesi”, “Kartu Pra-Kerja”, hingga “WFH” juga masuk dalam trending. Ada juga dari kata kunci seperti “cara membuat hand sanitizer”, “cara mendaftar UKM online”, “cara menjadi reseller”, hingga “cara menjadi YouTuber pemula”, merupakan beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Selain itu kondisi normal baru atau new normal juga menggerakkan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup. Misalnya seperti “Google Classroom”, “apa itu kuota belajar”, “cara masuk ke Google Classroom”, hingga “sepeda lipat” termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas di tahun ini.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment