Ketahui Lebih Dulu Antara MPV dan SUV Sebelum Menentukan Pilihan

KalbarOnline.com – Bila Anda ingin memilih mobil dengan kapasitas 7 penumpang ada dua jenis pilihan yang bisa mengakomodasi yaitu jenis SUV (Sport Utility Vehicle) maupun MPV (Multi Purpose Vehicle). Baik baru maupun bekas banyak jenis pilihan yang bisa diboyong ke garasi rumah Anda, namun semua tergantung dana yang ada.

Sebelum menentukan pilihan sebaiknya Anda mengetahui dahulu perbedaan antara jenis mobil SUV maupun MPV, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengetahui Anda bisa bisa memilih tipe mobil apa yang sebenarnya tepat untuk keperluan Anda dan keluarga.

Bila dibandingkan antara mobil jenis MPV dan SUV pastinya keduanya mempunyai perbedaan masing-masing. Mobil jenis MPV biasanya mempunyai desian yang cukup elegan dengan sedikit bumbu sporty.

Pasalnya varian mobil ini biasanya identik dijadikan sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia dan biasanya dibekali dengan mesin antara 1.000-1500 cc.

Baca Juga :  Penting! Pilih BBM dan Oli yang Salah Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

Beda hal nya dengan tipe SUV dimana tampilan mobilnya didesain sangat sporty dengan body yang cukup besar serta tangguh dan terlihat mewah. Tipe mobil ini biasa digunakan untuk menerjang segala macam medan.

Karena didukung dengan kapasitas mesinnya, yakni di atas 1500 cc (rata-rata 2.000 cc) dan mempunyai ground clearance yang lumayan tinggi dan ditopang. Serta dibekali suspensi yang kuat serta ban dengan dimensi yang lebih besar.

Nah, setelah mengetahui secara ringkas bedanya mobil jenis MPV dan SUV, ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Disisi lain ada juga hal yang perlu dperhatkan, Pertama perhatikan kondisi jalan seperti apa yang akan sering kamu lalui.

Jika di perkotaan dengan kondisi jalan yang terbilang rata, bisa dipertimbangkan untuk membeli tipe mobil MPV. Namun jika Anda sering melewati berbagai medan jalan, maka mobil jenis SUV menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga :  Teknologi Airbag terbaru All New Acura TLX Dinobatkan yang Terbaik

Pada dasarnya, SUV memang dirancang untuk melintasi berbagai medan, maka suspensinya cenderung dirancang agak keras. Hal ini membuat kendaraan menjadi lebih stabil bila berkendara dengan kecepatan yang tinggi.

Berbeda halnya dengan MPV yang menggunakan suspensi yang lebih lembut. Bila kendaraan tersebut dibawa dengan kecepatan yang tinggi, maka banyak yang berpendapat mobil menjadi kurang stabil.

Dari konsumsi bahan bakar, mobil SUV memang dilengkapi dengan mesin-mesin berkapasitas besar. Hal tersebut membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros. Nah sebagai mobil yang ditujukan sebagai mobil keluarga, maka MPV diklaim lebih irit dari segi penggunaan BBM-nya.

Kembali lagi dengan masalah kebutuhan dan dana yang tersedia, maka semua keputusan ditangan Anda. Mana yang menjadi pilihan, jenis SUV atau MPV. Semoga bermanfaat.

Comment