Categories: Teknologi

Ini Tagar dan Topik di Twitter Paling Banyak Dibicarakan Kala Pandemi

KalbarOnline.com – Di tengah pandemi Covid-19, media sosial (medsos) seperti Twitter menjadi salah satu tempat bagi banyak orang untuk berbagi dan mengomentari isu yang berkembang. Pada masa pandemi, muncul topik baru tentu terkait Covid-19 di Twitter.

Topik mengenai tenaga kesehatan (nakes) pun banyak dibicarakan. Ya, nakes menjadi salah satu topik yang paling diperbincangkan karena peran pentingnya dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia menyebut, 2020 menjadi tahun dimana pengguna media sosial menggunakan Twitter untuk melihat apa yang terjadi di dunia. Di sisi lain, mereka menggunakan Twitter untuk menjalin komunikasi dengan sesama saat terjadi pembatasan yang mengharuskan lebih banyak di rumah.

“Tahun ini juga menekankan peran penting Twitter sebagai tempat dimana masyarakat Indonesia berkumpul dan saling terhubung dengan berbagai komunitas yang relevan bagi mereka: mulai dari gaming, pecinta drama Korea, film, maupun olahraga,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, di tengah ketidakpastian yang terjadi tahun ini, pihaknya senang bahwa Twitter dapat menjadi tempat bagi banyak orang untuk saling menguatkan dan berbagi inspirasi. Twitter juga menjadi sumber informasi atau mencari kabar terkini.

Seperti sudah disinggung di atas, di tengah pandemi ini jajaran dokter dan nakes juga menggunakan Twitter sebagai tempat untuk berbagi informasi kredibel, sekaligus meluruskan beragam informasi yang kurang tepat terkait Covid-19. Melalui rilis tahunan bertajuk #RameDiTwitter, medsos berlogo burung biru itu mengungkapkan frasa terkait nakes di-Tweet sebanyak 17 juta kali tahun ini.

Mulai dari Dr. Jiemi Ardian (@jiemiardian) dr. Gia Pratama (@GiaPratamaMD), dr. Andi Khomeini Takdir (@dr_koko28), dr. Shela Sundawa (@oxfara), dan dr. Ferdiriva Hamzah (@ferdiriva), mereka aktif menggunakan Twitter untuk membahas tentang berbagai macam isu kesehatan. Mereka juga berbagi tips dan pesan-pesan positif untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Selain tagar dan topik terkait nakes dan pandemi Covid-19, Twitter juga mengungkapkan tagar hiburan paling banyak dibicarakan di Indonesia tahun ini. Konten hiburan sendiri menjadi hal yang paling hangat dibicarakan di Twitter, dari drama Korea, game, sampai cerita horor.

Tahun ini, percakapan hiburan di Twitter didominasi oleh drama Korea seperti: #itsokaytonotbeokay, #hospitalplaylist, #theworldofthemarried, dan #crashlandingonyou.

Dengan adanya pandemi, banyak orang yang kemudian mencari indoor entertainment untuk mengisi waktu selama di rumah, salah satunya adalah dengan gaming. Di Indonesia sendiri, percakapan tentang gaming di Twitter meningkat sebesar 55 persen secara tahunan (atau dari April 2019 sampai Mei 2020). #animalcrossing menjadi salah satu game yang banyak dibicarakan di Twitter tahun ini.

Para gamer juga dilaporkan menggunakan Twitter untuk saling terhubung dengan berbagi foto-foto pulau kreasi mereka, foto ketika mengunjungi pulau seorang teman, atau menghadiri berbagai acara yang diadakan oleh Animal Crossing! Mereka membawa keseruan tersebut ke Twitter sebagai salah satu cara untuk tetap terhubung dengan komunitas gaming yang ada.

Kemudian ada juga informasi terkait emoji yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kehadiran emoji sangat membantu orang-orang untuk mengekspresikan tulisan mereka di Twitter.

Emoji juga membantu mereka memahami konteks Tweet, sehingga mereka bisa menghindari salah paham yang mungkin terjadi karena penalaran yang berbeda. Tahun 2020 menjadi tahun yang membuat perasaan orang naik-turun layaknya roller coaster, dan ini dicerminkan dengan 10 emoji yang paling banyak digunakan di Twitter.

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Tim Jatanras Polresta Pontianak Tangkap Komplotan Pencuri Kabel, Satu Orang Masih Buron

KalbarOnline, Pontianak - Tim Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak berhasil menangkap komplotan pencurian kabel listrik…

3 mins ago

Warga MHS Ketapang Dihebohkan ODGJ Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas

KalbarOnline, Ketapang - Warga Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) dibuat heboh dengan…

6 mins ago

Kadiskop UKM Kalbar Turun Langsung Monitoring Tumbuh Kembang Anak Asuh Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar, Junaidi bersama Anggota Korps Pegawai Republik…

31 mins ago

Pimpin Upacara Hardiknas, Harisson Serukan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan…

40 mins ago

Lutfi Al Mutahar Optimis Jadi Calon yang Diusung PAN di Pilwako Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Lutfi Al Mutahar meyakini kalau dirinyalah yang akan diusung oleh Partai Amanat…

14 hours ago

Pemkab Kapuas Hulu Raih WTP ke 7 dari BPK RI Perwakilan Kalbar

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari…

14 hours ago