Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia, Prokes 3M Tetap Wajib Dilakukan

KalbarOnline.com – Percepatan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia masih belum melandai, bahkan relatif meningkat. Untuk itu, masyarakat harus lebih waspada dan ekstra hati-hati melalukan pencegahan penularan virus.

Meskipun pemerintah telah mendatangkan vaksin Covid-19, proses vaksinasi tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Maka dari itu, langkah mitigasi yang paling ampuh adalah melalui penerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dan wajib menjaga jarak.

Apalagi, bagi masyarakat yang memiliki keluarga dengan tempat tinggal relatif kecil, maka anggota keluarga tersebut tentunya harus lebih sadar diri akan perannya masing-masing. Jika tidak, potensi klaster keluarga bisa terjadi.

Baca Juga :  Tegas! Pj Gubernur Kalbar Minta KSOP Pontianak Usut Tuntas Dugaan Kasus Bongkar Muat Babi Tak Berizin di Kubu Raya

“Jadi mau tidak mau di dalam keluarga itu pun diterapkan 3M gitu ya, mau tidak mau misalnya juga kalau apalagi rumahnya itu kecil gitu ya,” ungkap Kepala Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Dwi Listyawardani beberapa waktu lalu.

Adapun, menurutnya penyebaran virus di lingkungan rumah ini lah yang potensinya tinggi. Khususnya untuk di daerah perkotaan yang padat penduduk.

“Ini yang harus kita waspadai, makanya kenapa mungkin di daerah perkotaan angkanya tinggi, karena memang tempat tinggal keluarganya juga kecil, sehingga jarak antara satu orang dengan orang lain sulit untuk dihindari,” jelas dia.

Baca Juga :  Piala Thomas dan Uber Ditunda, Malaysia Mundur dari Denmark Terbuka

Kepada masyarakat, dia juga mengingatkan, apabila di lingkungan terdapat orang yang positif Covid-19, mereka jangan dijauhi, malah seharusnya dibantu dengan menerapkan wajib 3M.

“Ada stigma, dinilai mereka yang positif itu harus dikucilkan, bahkan tidak dibantu. Padahal justru harus sangat dibantu ya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari karena saudara-saudara kita yang positif jelas-jelas harus melakukan isolasi,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment