Cegah Klaster saat PTM, Masyarakat Diminta Tunda Rencana Liburan

KalbarOnline.com – Pembelajaran tatap muka (PTM) dengan adaptasi kebiasaan baru diperbolehkan untuk dilaksanakan pada Januari mendatang atau semester genap tahun ajaran 2020/2021. Padahal kasus Covid-19 masih menunjukkan laju peningkatan.

Meskipun begitu, karena kondisi daerah berbeda-beda. Maka dalam hal ini pemerintah daerah (pemda) perlu memastikan dengan betul terkait kesiapan sekolah dalam menyediakan sarana dan prasaran protokol kesehetan yang memadai.

Yang jadi permasalahan adalah mobilitas masyarakat di akhir tahun nanti, hal ini dikhawatirkan dapat membuat penyebaran lebih meluas lagi. Oleh karenanya, Koordinator Nasional Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim meminta agar masyarakat, khususnya warga pendidikan menahan diri dan menunda liburan akhir tahun.

Baca Juga :  Putri Hijabfluencer Kalimantan Barat 2023 Gelar Lomba Fashion Show Casual Batik

Baca Juga: Satgas Covid-19 Minta Operasional Anak Ketika PTM Tetap Diperhatikan

“Para guru dan orang tua siswa jangan dulu berniat melakukan liburan akhir semester pasca pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil siswa,” terangnya kepada KalbarOnline.com, Senin (7/12).

Sebagaimana diketahui, akhir November sampai Desember ini para siswa sedang mengikuti PAS Semester Ganjil, lalu diikuti terima rapor semester siswa dan kemudian libur semester.

Kata dia, sepanjang Desember sampai Januari ini akan berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19 mengingat libur akhir semester, Natal, dan Tahun Baru. Akan ada potensi mobilitas yang tinggi dari masyarakat untuk berwisata.

“Kami dari Perhimpunan Guru, betul-betul memohon kepada para guru dan orang tua siswa untuk menunda rencana libur akhir semester atau akhir tahun. Sebab pandemi masih tinggi, apalagi ke depan ada momen libur Pilkada, Natal, dan Tahun Baru. Cukuplah kasus guru MAN 22 Jakarta (pergi liburan dan positif Covid-19) jadi contoh dan pelajaran bagi kita,” pintanya.

Baca Juga :  Mencontoh Singapura, Kampus Bebas Covid-19 Meski Kuliah Tatap Muka

Dia kembali mengimbau agar tidak ada sifat egois yang terlintas dipikiran masyarakat. Sebab, hal ini demi kepentingan kesehatan masyarakat itu sendiri.

“Para guru dan orang tua siswa diminta tidak egois, untuk berlibur mengisi waktu. Sebab klaster sekolah sudah mulai bermunculan, apalagi nanti akan ada rencana PTM bulan Januari 2021,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment