Airlangga: Vaksin Covid-19 Bangun Rasa Aman dan Percaya Diri Bangsa

KalbarOnline.com – Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok, Sinovac, telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12) malam WIB. Terkait hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis vaksin Covid-19 dapat membangun percaya diri masyarakat dan menggerakkan kembali roda ekonomi Indonesia.

“Pelaksanaan vaksinasi akan membangun rasa aman dan kepercayaan diri kita sebagai bangsa dalam melakukan berbagai aktivitas sosial ekonomi kita untuk mendukung ketahanan kesehatan, mendorong produktivitas, serta menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Airlangga melalui video Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta.

Vaksin Sinovac tiba dengan pesawat Garuda kargo khusus. Sebelum diberikan kepada masyarakat, vaksin Sinovac perlu melewati tahapan evaluasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pengecekan mutu, keamanan, dan efektivitas. Vaksin ini juga masih menunggu fatwa MUI untuk fakta kehalalannya.

  • Baca juga: Penemu Vaksin Covid-19 yang Manjur Sebut Pandemi Segera Berakhir
Baca Juga :  Pemkab Ketapang Mulai Vaksinasi Covid-19, Bupati Martin Imbau Masyarakat Jangan Takut Divaksin

Setelah melalui berbagai tahap tersebut, Menko Airlangga juga mengatakan vaksin ini akan didahulukan terutama untuk tenaga kesehatan nasional. “ketersediaan dan pelaksanaan vaksinasi dilakukan juga secara bertahap, dengan prioritas tenaga kesehatan dan petugas layanan publik,” ujar Airlangga merujuk kepada aturan dari Menteri Kesehatan.

Menko Airlangga juga menyatakan pemerintah telah menyiapkan dua skema pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat. Yakni, vaksin program pemerintah yang akan disediakan secara gratis dan vaksin mandiri yang dilaksanakan secara berbayar.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Akan Launching ‘Guru Keliling’ Agar Siswa Belajar Efektif

Skema vaksin tersebut mengikuti Peraturan Presiden No. 99 tahun 2020, Peraturan Menteri Kesehatan No. 98 tahun 2020 tentang pelaksanaan pengadaan vaksin Covid-19, dan dilengkapi dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. 6567 tahun 2020 tentang penugasaan PT. Biofarma dalam pengadaan vaksin Covid-19 serta Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 9860 tentang penetapan jenis vaksin Covid-19. Adapun aturan mengenai teknis pelaksanaan vaksin akan segera diterbitkan dalam waktu dekat.

“Aturan rinci untuk kedua skema tersebut akan diterbitkan dalam 1 hingga 2 minggu ke depan.” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=WxwNtAxB9FQ

Comment