Yuk, Gunakan Tanaman Herbal untuk Perawatan Tubuh

Tidak sekadar menyembuhkan penyakit, banyak orang di seluruh dunia yang mulai menggunakan rempah-rempah alias bumbu dapur dan herbal untuk perawatan kecantikan. Faktanya, tanaman herbal dan rempah-rempah yang umum dipakai untuk masak bisa dipakai untuk membuat kulit dan rambut Kamu lebih sehat dan terawat lho!

Jadi, gak usah heran kalau banyak produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak nabati seperti krim regeneratif dengan minyak biji delima, serum anti kerut dari akar ginseng, atau masker wajah yang dicampur ekstrak rumput laut.

Baca juga: Manfaat Santan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Tanaman Herbal untuk Perawatan Tubuh

Inilah beberapa tanaman herbal dan rempah-rempah yang bisa Kamu pakai untuk perawatan tubuh.

1. Rosemari

Tanaman herbal yang sering ditambahkan ke dalam masakan. Bau rosemari yang khas bisa meningkatkan daya ingat, konsentrasi, kinerja, dan suasana hati Kamu lho. Selain itu, dapat mencegah otak menua. Tidak sekadar bermanfaat untuk kesehatan, daun rosemari berkhasiat untuk kecantikan karena bisa diubah menjadi parfum atau minyak wangi yang bisa Kamu pakai setiap hari.

2. Lidah Buaya

Tanaman yang populer karena memiliki manfaat luar biasa untuk menyembuhkan. Gel atau lendir lidah buaya kaya berfungsi sebagai penguat sel, anti-inflamasi, pelembap, dan bermanfaat untuk menenangkan kulit yang terbakar dan mengurangi peradangan.

Untuk perawatan kulit sehari-hari, gunakan produk kecantikan seperti losion atau pelembap dengan ekstrak lidah buaya. Jangan terlalu sering mengoleskan gel lidah buaya yang Kamu buat sendiri karena bisa membuat kulit terlalu kering.

Baca Juga :  Tetap Memesona Selama Hamil dengan Tips Perawatan Kecantikan Berikut!
Baca juga: Lidah Buaya Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah, Benarkah?

3. Cabai Merah

Tahukah Kamu kalau rasa pedas pada cabai merah memiliki efek anti penuaan? Selain itu, cabai merah bisa dikonsumsi oleh Kamu yang mau menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan pembakaran lemak. Untuk mendapatkan manfaatnya, potong atau iris cabai merah dan tambahkan ke dalam makanan yang Kamu konsumsi. Yang perlu diperhatikan ialah, tidak semua orang suka pedas karena dapat memicu sensasi terbakar di tenggorokan.

4. Thyme

Daun timi atau thyme lebih efektif untuk membersihkan jerawat. Menurut ilmuwan di Amerika, ekstrak daun timi dapat membantu menangkal jerawat, yang penyebab utamanya adalah minyak dan bakteri. “Dalam uji coba laboratorium, thyme membunuh lebih banyak bakteri daripada konsentrasi benzoli peroksida, bahan utama di obat jerawat,” kata sr. Neal Schultz, M.D, dokter kulit di New York City.

5. Kunyit

Salah satu bumbu dapur yang sering ditambahkan ke dalam masakan seperti kari. Namun, siapa mengira jika kunyit berfungsi sebagai bahan kecantikan yang efektif dan alami. Apabila Kamu mengonsumsi kunyit secara teratur, dapat memberikan hasil maksimal untuk kecantikan kulit lho! Bagaimana pun, bumbu sederhana ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit, merawat warna kulit yang tidak merata, menyembuhkan kulit kering dan kaki pecah-pecah, mencegah rambut rontok, serta menghilangkan ketombe.

Baca Juga :  Solusi Aman Atasi Rambut Rontok Selama Hamil dan Menyusui

Untuk mengobati kulit kering dan kaki pecah-pecah, Kamu cukup mencampur sedikit minyak kelapa dengan bubuk kunyit dan oleskan ke tumit kaki atau kulit yang bermasalah. Diamkan selama 15 menit dan kemudian bersihkan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit halus.

Jika Kamu ingin merawat warna kulit yang tidak merata, buatlah masker dari 1 sendok teh madu, 1 sendok teh susu, dan ¼ sendok bubuk kunyit. Aduk rata semua bahan dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan air. Lakukan tiga hingga empat kali dalam seminggu untuk hasil maksimal, Gengs!

Baca juga: 6 Jenis Perawatan di Salon yang Membawa Risiko Kesehatan

Referensi:

NDTV. Turmeric Powder for Beauty: How to Use it for Your Face and Skin

Bright Side. 10 Spices and Herbs That’ll Take Delicate Care of Your Body From Head to Toe

Lovely Greens. Growing Plants, Flowers, and Herbs for Skincare

Essence. 11 Herbs and Spices You Need To Incorporate Into Your Beauty Routine Now

Floweraura. 7 Herbal Beauty Plants with their Amazing Benefits

Comment