by

DPR: Perankan Influencer dalam Penerapan 3M

KalbarOnline.com – Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin menyoroti rekor penambahan kasus harian Covid-19 yang terjadi beberapa waktu lalu yaitu 8.369 orang yang positif virus Korona. Sehingga, dia meminta semua pihak untuk memainkan peran influencer untuk mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Nantinya influencer tersebut untuk bisa melakukan sosialisasi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan.

“Para pemangku kepentingan saling memberikan contoh menggaungkan 3M, cara hidup sehat, cukup tidur dan makan, minum air putih, meditasi, olah raga.membuat aturan dan tegakkan aturan,” ujar Aziz Syamsuddin beberapa waktu lalu.

“Juga untuk ikuti protokol kesehatan dan contohkan di setiap kesempatan pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” katanya.

Influencer adalah bentuk ajakan kepada masyarakat untuk mengubah perilaku di masa pandemi Covid-19. Dimulai dari lurah camatnya atau bupatinya, kiainya atau pemimpin gereja, pemimpin adat, atau bisa jadi pengusaha yang begitu berpengaruh, selebgram. “Sehingga mereka nanti jadi role model perubahan Perilaku untuk Atasi Covid-19,” ungkapnya.

Menurut Aziz, influencer itu akan memberikan manfaat dengan membangun trust, meningkatan kepedulian, efektif tepat mengenai target masyarakat yang dibutuhkan saat ini. “Contohkan misalnya kalau rapat memakai masker, berbicara menjaga jarak, mencuci tangan di setiap kesempatan, menghindari kerumunan apalagi saat makan hindari berdekatan,” tuturnya.

Aziz menyimpulkan, bahwa perubahan perilaku diupayakan pertama kali dengan mengidentifikasi dulu di masyarakat-masyarakat tertentu siapa yang influencernya. “Kemudian kita ngomong ke influencer-nya untuk menyatukan cara berpikir, cara pandang, dan juga cara menanggulangi Covid-19 ini bersama-sama,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed