Diprediksi Seru dan Menarik karena Bintang Muda Pelatnas Turun Gunung

KalbarOnline.com-PB Djarum kembali menyelenggarakan ajang Liga PB Djarum 2020. Ajang ini akan diselenggarakan di GOR Djarum Jati, Kudus, Jawa Tengah mulai besok, Senin 7 Desember 2020 hingga Minggu, 13 Desember 2020.

Dalam siaran pers yang diterima KalbarOnline.com, selama satu pekan itu, sebanyak 112 atlet PB Djarum bakal unjuk kemampuan terbaik mereka dengan berkompetisi di dua nomor yakni beregu dan perorangan.

Ratusan atlet tersebut berasal dari kelompok U-11, U-13, U-15, U-17, serta U-19 dan dewasa. Mereka terbagi dalam sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri serta ganda campuran.

  • Baca Juga: Agenda Bulu Tangkis Dunia Bergulir Januari 2021, Sisanya Belum Jelas

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin mengatakan bahwa penyelenggaraan Liga PB Djarum 2020 merupakan upaya klubnya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas para atlet muda.

Yoppy yang juga Ketua PB Djarum tersebut menambahkan bahwa turnamen ini diselenggarakan untuk mengisi kekosongan di tengah kondisi pandemi global Covid-19. Virus korona baru membuat berbagai turnamen bulu tangkis nasional maupun internasional masih dihentikan untuk sementara waktu.

“Sebagai klub, kami memiliki tanggung jawab untuk terus mengasah kemampuan para atlet yang kami miliki,” kata Yoppy dalam siaran pers yang diterima KalbarOnline.com.

Liga PB Djarum digelar dengan format setengah kompetisi dan mempertandingkan dua sektor perorangan serta beregu. Pada format beregu, sejumlah atlet PB Djarum akan dipasangkan secara acak baik di sektor ganda putri, putra, maupun campuran. Setiap atlet rata-rata bertanding sebanyak tiga sampai empat kali di kategori yang berbeda.

Baca Juga :  Pukul Ganda No 2 Dunia, No 1 Korea: Ahsan Pemain yang Sangat Bagus

“Selain bermain di kategorinya masing-masing, atlet yang memiliki performa tinggi di kelompok usianya, akan kami masukkan di kelompok usia yang lebih tinggi. Hal tersebut juga untuk melatih mental, fisik, dan fokus para atlet. Nantinya ini berdampak positif dalam menghadapi pertandingan di level nasional dan internasional,” ucap Yoppy.

Karena digelar tanpa penonton, laga Liga PB Djarum bisa disaksikan melalui live streaming di kanal Youtube PB Djarum, Facebook PB Djarum, dan Kaskus TV mulai pukul 09.00 WIB. Laga antara 7 Desember sampai 9 Desember untuk pertandingan beregu. Sedangkan Kamis 10 Desember hingga Minggu, 13 Desember untuk pertandingan perorangan.

Dukungan dari Mohammad Ahsan Hingga Lilyana Natsir

Ganda putra nomor dua dunia yang juga pemain PB Djarum Mohammad Ahsan menganggap ajang ini sangat penting.

Pemain yang bergabung dengan PB Djarum sejak 2007 ini menambahkan intensitas berlatih tetap harus dijaga, walau sudah cukup lama tidak bertanding karena kondisi pandemi. “Yang pasti harapan saya atlet-atlet muda bisa mumbuktikan diri untuk menjadi yang terbaik dan juga lebih banyak muncul bibit-bibit yang potensial,” kata Ahsan.

Senada dengan Ahsan, Liliyana Natsir mengatakan Liga PB Djarum menjadi wadah para atlet untuk mengukur kemampuan setelah berlatih keras selama empat bulan terakhir.

Baca Juga :  Unggulan Tiga Hajar Anggota Skuad Juara Dunia Junior di Semifinal

Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 nomor ganda campuran bersama Tontowi Ahmad ini berharap agar para atlet muda tetap tampil terbaik dan total. Walaupun faktanya mereka melawan rekan sesama klub.

“Liga PB Djarum bisa dijadikan sebagai acuan untuk evaluasi diri. Sehingga para atlet dapat melihat kekurangan, lalu mereka bisa memperbaiki agar ketika pandemi ini selesai,” ujar Liliyana.

Turnamen Liga PB Djarum 2020 diprediksi berlangsung sengit. Sebab, sederet atlet muda berbakat PB Djarum menantang para seniornya yang sudah memiliki pengalaman lebih tinggi di pelatnas seperti Ikhsan Leonardo Imanuel dan Nandini Putri Arumni.

Selain itu, ada pula atlet pelatnas PBSI pratama yang turun. Mereka antara lain Bobby Setiawan, Syabda Perkasa Belawa, dan Muh. Asqar Harianto pada sektor tunggal putra, lalu Komang Ayu Cahya Dewi, dan Bilqis Prasista di sektor tunggal putri.

Ada juga Muhammad Rayhan Nur Fadillah, Rahmat Hidayat, Asghar Herfanda, dan Rian Cannavaro pada sektor ganda putra, lalu Febi Setianingrum, Kelly Larissa dan Febby Valencia Dwijayanti Gani di sektor ganda putri.

Liga PB Djarum 2020 memperebutkan hadiah berupa deposito dengan total lebih dari Rp 120 juta untuk 17 kategori yang dipertandingkan.

Comment