Bukan di Jerman, Adolf Hitler Menangkan Pemilu di Namibia

KalbarOnline.com – Seorang pria yang juga politikus Namibia menjadi perbincangan dunia dalam beberapa hari terakhir. Namanya bahkan sempat trending di Twitter dan menjadi pemberitaan media internasional. Hal itu lantaran dia memenangkan pemilu lokal di Namibia dan namanya sama dengan pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler. Nama lengkap pria Namibia tersebut adalah Adolf Hitler Uunona.

Politikus dari partai berkuasa di Namibia, SWAPO, tersebut terpilih sebagai anggota dewan pemerintah untuk daerah pemilihan Ompundja pada pekan lalu. Adolf Hitler Uunona berhasil meraup suara sebanyal 85 persen.

Berdasar Komisi Pemilihan Namibia yang dilansir dari Washington Post, Adolf Hitler Uunona, memenangkan kuresi setelah mengumpulkan 1.196 suara. Lawan politik Uunona, Mumbala Abner, dari partai Independent Patriots for Change hanya mendapat 213 suara.

Uunona sendiri mengatakan tidak memiliki hubungan apapun dengan Adolf Hitler yang asli meski nama depannya sama. Dia pun mengatakan tidak memiliki ambisi untuk mendominasi dunia dan tidak memiliki rencana untuk menaklukkan wilayah Oshana. Hal tersebut dikatakannya kepada surat kabar Jerman, Bild.

Baca Juga :  Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Jerman Bakal Lockdown Lagi

Saat mendaftar dan namanya berada di dokumen resmi, nama Hitler diganti menjadi inisial yakni Adolf H. Uunona. Namun dalam kelengkapan lainnya, namanya ditulis secara lengkap.

Setelah menang dalam pemilu lokal, namanya pun menjadi trending di Twitter. Banyak netizen yang berkomentar lucu. “Tentu saja, tahun 2020 tidak akan lengkap jika Adolf Hitler tidak memenangkan pemilu dengan 85% suara,” tulis seorang pengguna Twitter. Sementara netizen lain menulis, “Apakah itu nama aslinya?”

Dalam wawancaranya dengan Bild, Uunona mengatakan bahwa ayahnya menamainya sama dengan pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler. Namun, dia mengatakan bahwa ayahnya tidak paham akan ideologi dari Hitler. Artinya, sang ayah sekadar memberi nama tanpa ada hubungan bahwa dia adalah pendukung Hitler.

Namibia merupakan negara yang terletak di barat daya Afrika. Negara tersebut adalah bekas jajahan Jerman. Sejumlah jalan dan tempat masih memiliki nama Jerman. Tak pelak, nama orang di Namibia pun ada yang seperti Jerman.

Baca Juga :  Penelitian Ungkap Asal Usul Virus Korona Bukan dari Pasar Basah Wuhan

Pada Agustus, Namibia menolak tawaran Jerman untuk kompensasi atas pembantaian puluhan ribu orang Herero dan Nama di tangan pasukan kolonial Jerman antara tahun 1904 dan 1908. Diperkirakan 80.000 orang diyakini telah dibunuh oleh pasukan Jerman dan disebut kejahatan yang mengerikan.

Uunona sendiri bukanlah politisi pertama di luar negeri yang menjadi perbincangan dunia karena nama yang tidak biasa. Seorang pria bernama Adolf Lu Hitler menarik perhatian saat mencalonkan diri di negara bagian Meghalaya, India pada tahun 2013.

“Saya sadar pada suatu waktu Adolf Hitler adalah orang yang paling dibenci di dunia atas genosida orang Yahudi. Tapi ayah saya menambahkan ‘Lu’ di antaranya, menamai saya Adolf Lu Hitler, dan itulah mengapa saya berbeda,” kata Hitler kepada Associated Press pada saat itu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment