by

Turunkan Kasus Covid-19 Dengan Disiplin 3M

KalbarOnline.com – Kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan cukup besar. Kondisi ini harus menjadi perhatian semua pihak. Terlebih kurang dari sebulan lagi libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru akan tiba.

“Setiap periode libur panjang berlangsung, panen kasus pasti akan terjadi pada 10 – 14 hari setelahnya,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito beberapa waktu lalu.

Satgas menyarankan beberapa hal yang harus dijadikan pelajaran oleh masyarakat untuk mengantisipasi kenaikan kasus. Pertama, kepada seluruh Kepala Daerah untuk mengoptimalisasi penegakkan disiplin terhadap protokol kesehatan. “Lakukan ini tanpa pandang bulu kepada seluruh masyarakat,” tegas Wiku.

Pemerintah daerah harus berani dan tebas membubarkan kerumunan dan melakukan amplifikasi kampanye 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Masyarakat harus mengerti bahwa di masa pandemi ini, 3M merupakan kewajiban, bukan pilihan.

Kedua, masyarakat diminta untuk bijaksana dan sadar untuk meminimalisasi mobilitas. Dari hasil penelitian, dengan menurangi kunjungan ke area publik sebesar 1 persen, sudah dapat mengurangi puluhan kasus dan kematian Covid-19 per minggu.

“Temuan ini harusnya dapat memotivasi kita semua untuk mengambil pilihan bijak yaitu tinggal di rumah dan menghindari keramaian,” jelas Wiku.

Meskipun sulit, Wiku berharap masyarakat mengerti pentingnya mengurangi kunjungan ke area publik. Sebab cara itu bisa melindungi diri sendiri dan orang-orang terdekat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

Terbaru