by

Spesifikasi Lengkap Snapdragon 888, Cortex-X1 dan GPU Lebih Cepat

KalbarOnline.com – Setelah pratinjau kemarin, Qualcomm sepenuhnya meluncurkan chipset Snapdragon 888 baru. Ini adalah chip dengan fabrikasi 5 nm dengan arsitektur generasi selanjutnya.

Perangkat pertama dengan 888 akan keluar pada Q1 tahun depan, beberapa pembuat smartphone sudah berlomba-lomba siapa yang akan menjadi yang pertama. Berikut jabaran spesifikasi lengkap dari chipset terbaru Qualcomm.

CPU

Qualcomm Snapdragon 888 adalah chip pertama yang resmi dengan inti Cortex-X1 (desain dasar ARM dengan beberapa penyesuaian Qualcomm). Dibandingkan dengan A78, X1 dapat menjalankan 33 persen lebih banyak instruksi per jam, memiliki dua kali lipat perangkat keras SIMD dan kapasitas cache L1 dan L2 telah digandakan juga. Inti ini berjalan pada 2.84 GHz.

Berikutnya adalah cluster tiga core Cortex-A78 yang memiliki clock 2.4 GHz. Mereka bergabung dengan empat inti A55 yang berjalan pada 1.8 GHz. CPU ini juga dilengkapi dengan 4 MB cache L3 dan 3 MB cache Sistem.

Secara keseluruhan, CPU Kryo 680 menjanjikan peningkatan kinerja 25 persen dari prosesor chipset S865. Efisiensi daya juga naik 25 persen.

GPU

Adreno 660 menargetkan performa rendering 35 persen lebih cepat sekaligus meningkatkan efisiensi daya hingga 20 persen. Ini dirancang untuk gaming dengan frekuensi gambar (frame rate) tinggi dan latensi rendah. Tujuannya agar game 144 fps bisa dimainkan untuk game yang menginginkannya, tetapi ada juga beberapa fitur untuk meningkatkan kualitas gambar juga.

Variable Rate Shading (VRS) adalah trik baru yang ditemukan di GPU terbaru dari Nvidia dan AMD (termasuk dari konsol PS5 dan Xbox) pada chip ini. Ini memungkinkan shader bekerja pada dua atau empat piksel sekaligus, bukan hanya satu.

Ini pada akhirnya menghemat sumber daya komputasi dan jika pengembang game berhati-hati dalam menerapkannya, frame yang dirender tidak dapat dibedakan secara visual. VRS dapat meningkatkan kinerja hingga 30 persen. Sebagai alternatif, ini dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi daya.

Ada juga fitur Game Quick Touch yang hadir pada GPU chipset ini yang dapat mengurangi latensi sentuhan hingga 20 persen. Ini berfungsi hingga 120 fps, tetapi paling efektif pada 60 fps sehingga semua game dapat memanfaatkannya, meskipun tidak mendukung frekuensi gambar yang lebih tinggi.

Baca juga: Resmi Diungkap, Chipset Flagship Qualcomm Snapdragon 888 Terbaru

Adreno 660 mendukung HDR 10-bit dan rendering sub-piksel. Ini juga dapat meningkatkan keseragaman tampilan OLED dengan kompensasi Mura (“mura” atau “clouding” adalah hasil kalibrasi piksel tetangga yang tidak merata).

Kamera

888 adalah Snapdragon pertama dengan tiga Image Signal Processor (ISP). Chip seri 800 sebelumnya memiliki dua ISP. Ini memungkinkan tiga aliran kamera terpisah untuk diproses secara bersamaan, yang memiliki banyak kegunaan. Pertama, ini dapat menangani tiga aliran video 4K HDR atau menangkap tiga foto 28 MP secara bersamaan.

Ini juga akan membuat transisi yang lebih mulus dari ultrawide ke wide ke kamera tele karena setiap kamera mendapatkan ISP-nya sendiri. Tiga desain kamera atau dua ISP sebelumnya menyebabkan “lompatan” saat ponsel beralih di antara umpan video.

Tiga ISP Spectra 580 juga digunakan untuk Staggered HDR karena mereka dapat memproses eksposur pendek, menengah, dan panjang secara bersamaan. Snapdragon 888 dapat merekam foto HDR 10-bit dalam format gambar HEIF, selain kemampuan video HDR pendahulunya (Snapdragon 865 memperkenalkan dukungan HDR10 + dan Dolby Vision untuk video).

Berbicara tentang video, chipset baru ini dapat menangkap dan memutar video 4K pada 120 fps, sehingga dapat memanfaatkan tampilan 4K resolusi tinggi dengan sebaik-baiknya. Kembali ke fotografi, chip tersebut dapat mengambil 120 foto per detik pada resolusi 12 MP.

Konektivitas

Bicara konektivitas, chip ini adalah chipset pertama yang menggunakan modem Snapdragon X60 5G. Dan tidak seperti 865 sebelumnya, modem terintegrasi sebagai gantinya menjadi chip eksternal. Modem generasi ketiga ini mendukung sub-6 dan mmWave dari 5G. Ini menawarkan kecepatan downlink hingga 7,5 Gbps dan uplink hingga 3 Gbps.

Sistem FastConnect 6900 memiliki fitur Wifi 6G (ax di pita 6 GHz) dan dapat mencapai kecepatan hingga 3,6 Gbps, Wi-Fi seluler tercepat di industri, kata Qualcomm. Standar 6E juga menawarkan latensi yang lebih rendah, keuntungan untuk streaming game dari PC lokal (atau cloud, di sana modem 5G juga dapat membantu).

Bluetooth 5.2 dengan antena ganda juga didukung, ditambah suite aptX teknologi audio nirkabel latensi rendah berkualitas tinggi.

Kecerdasan Buatan

Sementara bicara teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), chip papan atas generasi terbaru ini hadir menggabungkan Hexagon 780 baru dan kekuatan pengolah angka GPU untuk menghasilkan 26 TOPS (naik dari 15 TOPS pada S865). Efisiensi daya juga meningkat pesat, kinerja per Watt telah meningkat hingga 3x.

Kemudian chip ini hadir dengan Sensing Hub generasi ke-2 yang juga diklaim efektif untuk mengurangi penggunaan daya. Ini dapat beroperasi di bawah 1 mAh tetapi dapat menangani lebih dari generasi pertama, sekarang 80 persen tugas AI sederhana melalui Hub alih-alih harus membangunkan prosesor Hexagon yang kuat dapat dilakukan.

Keamanan

Snapdragon 888 di sisi keamanan juga hadir sebagai chipset ponsel pertama yang memenuhi standar Content Authenticity Initiative. Itu dapat menangkap foto yang disegel secara kriptografis, yang mencakup metadata tahan kerusakan yang dapat membuktikan bahwa gambar itu asli (tetapi melakukannya dengan cara yang peka privasi).

888 juga dilengkapi Hypervisor, fitur yang pertama kali ditambahkan ke chip 8cx Gen 2 berorientasi PC. Ini lebih merupakan fitur server dan desktop karena memungkinkan beberapa sistem operasi atau OS berjalan pada perangkat keras yang sama sementara benar-benar terpisah satu sama lain (jadi, jika salah satu dikompromikan, keamanan yang lain tidak terpengaruh).

Ini dimungkinkan untuk menjalankan setiap aplikasi dalam contoh OS-nya sendiri untuk keamanan maksimum. Tidak jelas apakah kita akan melihat ini di Android, tetapi jelas bahwa Snapdragon 888 akan digunakan di tablet dan komputer bertenaga ARM juga di mana virtualisasi seperti itu jauh lebih umum.

Pengisian Daya

Ini tidak banyak ditampilkan dalam pratinjau namun Snapdragon 888 hadir dengan QuickCharge 5 yang diumumkan beberapa bulan yang lalu. Snapdragon baru mendukungnya, tentu saja, yang berarti dapat menangani pengisian cepat 100 Watt lebih sambil meminimalkan panas. Ini kompatibel dengan Pengiriman Daya USB dan kompatibel dengan generasi QC sebelumnya kembali ke 2.0.

Snapdragon 888 akan digunakan di perangkat yang datang pada awal 2021. Seperti juga sudah kami beritakan sebelumnya, Xiaomi sudah mengumumkan akan menghadirkan perangkatnya perdana dengan chip ini di awal 2021. Motrola tak mau kalah yang juga akan menggunakannya di ponsel Moto G yang terjangkau, banyak pembuat lain juga telah mengumumkan rencana untuk ponsel bertenaga 888.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed