by

Qualcomm Resmi Meluncurkan SoC Snapdragon 888

Pandemi Covid-19 boleh melambatkan perekonomian. Tetapi tidak dengan teknologi. Ini salah satu contohnya. Qualcomm, perusahaan teknologi asal Amerika, resmi merilis SoC flagship terbaru, Snapdragon 888. Chipset terbaru ini diperkenalkan dalam Qualcomm Technology Summit, yang digelar Rabu (2/12) lalu.

Chip terbaru ini hadir terintegrasi dengan generasi ketiga modem 5G Snapdragon X60. Inilah kali pertama Qualcomm menggabungkan modem 5G pada sebuah chips. Menurut klaim Qualcomm, modem terbaru itu memiliki kompatibilitas untuk mmWave dan sub-6 band secara global.

Tapi jangan heran kalau Anda menemukan bahwa spesifikasi SoC terbaru ini ternyata mirip, bahkan sama persis dengan SoC Snapdragon 875 yang sebelumnya heboh digunjingkan itu. Menurut Qualcomm, SD 888 ini memang SD 875 yang ganti nama. Kok ganti nama? Soalnya, kata Qualcomm lagi, di Cina delapan adalah angka hoki/ Jadi pesannya jelas, Qualcomm menganggap penting pasar Cina.

Bicara spesifikasi teknis, SD 888 ini menggunakan konfigurasi prosesor 1 x 2.84GHz (ARM’s latest Cortex X1 core) + 3 x 2.4GHz (Cortex A78) + 4 x 1.8GHz (Cortex A55) architecture. GPU-nya memakai Adreno 660 dan sudah mendukung WiFi 6E serta Bluetooth 5.2.

Sebagai lini produk termutakhir dari serial 8, SD 888 ini mengintegrasikan modem 5G generasi ketiga dan radio frequency system – Snapdragon X60, yang mana mendukung semua gelombang utama mmWave global dan pita frekuensi Sub-6 GHz. Juga 5G carrier aggregation, fungsi multi-SIM card global, moda jaringan Independent (SA) dan non-independent (NSA) serta dynamic spectrum sharing (DSS).

Kabarnya, smartphone kelas flagship Xiaomi, Mi 11 yang bakal rilis tahun depan, akan menggunakan SoC SD 888 ini. Saudaranya Xiaomi, Redmi, juga dikabarkan akan memasangkan SD 888 ini di seri flagship yang bakal rilis, Redmi K-40 Pro. Tapi, senyampang belum ada jaringan 5G di sini (Indonesia), kecanggihan SD 888 ini, gak ngaruh!

The post Qualcomm Resmi Meluncurkan SoC Snapdragon 888 appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed