Kemenag Ungkap Potensi Besar Produk Halal Buatan Indonesia

KalbarOnline.com – Indonesia memiliki sejumlah potensi besar yang mendukung industri halalnya menjadi yang terdepan di dunia. Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag), Sukoso menyebut setidaknya ada empat potensi.

Pertama, Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia. Kedua, Indonesia juga merupakan negara dengan jamaah haji dan umrah terbesar. Ketiga, Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang besar. ’’Dan keempat, posisi kita di area di mana terdapat kebutuhan halal global market sebesar 62 persen di Asia Pasifik,’’ terang Sukoso melalui keterangan resmi, Jumat (4/12).

Baca Juga :  Lasarus Apresiasi Presiden Jokowi Atas Penganugerahan Gelar Pahlawan untuk Dokter Rubini

Dengan potensi tersebut, lanjut Sukoso, maka produk halal Indonesia memiliki peluang terbuka lebarnya pangsa pasar yang pasti. Tugas selanjutnya adalah bagaimana mengambil dan memanfaatkan peluang tersebut dengan berkompetisi sebaik-baiknya

Kemudian, Wakil Ketua Umum PUB (Perkumpulan Urang Banten) dan Presiden Indonesia-Saudi Arabia Business Council (ISABC), Muhammad Hasan Gaido, menyatakan pihaknya mendukung penyelenggaraan JPH dan mendukung program pemerintah dalam memajukan industri halal di tanah air.

Baca Juga :  Arief Budiman Positif Korona, Ilham Saputra Jadi Plh Ketua KPU

Pasalnya, Indonesia saat ini juga sudah menjadi negara top sebagai penghasil produk halal. Harapan lebihnya adalah Indonesia dapat menjadi poros produk halal dunia. ’’Saat ini Indonesia merupakan konsumen produk halal nomor satu di dunia. Namun ke depan Indonesia akan menjadi halal hub dunia. Dan kita akan menjadi sentra ekonomi syariah dunia. Dan kami siap mendorong terealisasiakannya tujuan itu,’’ ungkap dia. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment