Jelang Tutup Tahun, Nvidia Umumkan Kehadiran GPU RTX 3060 Ti Terbaru

KalbarOnline.com – Nvidia mengambil momen dengan mengumumkan kehadiran RTX 3060 Ti jelang tutup tahun 2020. Itu merupakan yang pertama dari keluarga kartu grafis atau GPU seri RTX 3060.

Ditawarkan dengan harga mulai USD 399 atau berkisar Rp 5,6 jutaan, RTX 3060 Ti tersebut menjadi anggota termurah dari kartu grafis seri 30 berdasarkan arsitektur Ampere baru Nvidia. Kartu grafis baru itu juga sekaligus akan menggantikan RTX 2060 Super yang diluncurkan dengan harga yang sama tahun lalu.

RTX 3060 Ti menggunakan versi pemangkasan dari GA104 GPU yang digunakan pada RTX 3070 yang dibanderol dengan harga USD 499 atau berkisar Rp 7 jutaan. Itu menghasilkan lebih sedikit unit SM, inti CUDA, inti RT, inti Tensor, unit tekstur, dan lebih sedikit ROP.

  • Baca juga: Nvidia Gunakan AI untuk Tingkatkan Kualitas Video Confrence

Selain itu, RTX 3060 Ti juga memiliki kecepatan clock GPU Boost yang lebih rendah dari 1665MHz vs 1730MHz pada RTX 3070. Dari segi kemiripan, kedua GPU tersebut sama-sama memiliki memori GDDR6 14 Gbps 8 GB dengan antarmuka memori selebar 256-bit dan bandwidth memori 448 GB per second.

Baca Juga :  Lenovo hadirkan laptop gaming Legion Slim 7i, Dibaderol Rp 29 Jutaan

Mereka juga memiliki desain dasar yang sama untuk model Founders Edition yang menampilkan kipas aksial ganda dengan desain passthrough untuk salah satunya. Menurut Nvidia, RTX 3060 Ti lebih cepat daripada RTX 2080 Super, GPU GeForce tercepat kedua di jajaran perusahaan pada generasi sebelumnya.

Kekuatan GPU mentah adalah satu hal tetapi seperti kartu grafis lainnya, Nvidia juga banyak fokus pada ekosistem di sekitar GPU ini. Pelacakan sinar real time, fitur yang dibawa Nvidia ke pasar dengan seri 20, kini sudah memasuki generasi kedua pada kartu seri 30, dan RTX 3060 Ti akan dapat memainkan judul apa pun yang mendukung RTX atau DirectX Raytracing.

Untuk membantu kinerja, GPU juga mendukung DLSS Nvidia atau Deep Learning Super Sampling. Solusi tersebut adalah solusi pengambilan sampel super yang disempurnakan dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang menggunakan Machine Learning (ML) untuk rekonstruksi gambar pada resolusi yang lebih tinggi sambil bekerja dengan resolusi dasar yang rendah.

Baca Juga :  Bug Baru di IPhone 12 Pro Max, Pengaruhi Pengecasan Multi Port

Perusahaan memiliki daftar judul yang terus bertambah yang mendukung kedua teknologi tersebut, termasuk game Cyberpunk 2077 mendatang. Pengguna RTX 3060 Ti juga dapat memanfaatkan fitur GeForce lainnya seperti Nvidia Reflex yang mengurangi latensi sistem, Nvidia Broadcast yang merupakan rangkaian fitur untuk streamer dan pengguna yang ingin menggunakan aplikasi panggilan video, GeForce Experience untuk fitur dalam game seperti merekam gameplay, dan GeForce Now untuk cloud gaming.

Nvidia juga memiliki encoder NVENC yang sangat baik bagi mereka yang melakukan streaming atau encoding video. RTX 3060 Ti akan tersedia mulai dua Desember dari Nvidia sebagai kartu Founders Edition dan juga dari pengecer lain sebagai stok dan kartu overclock pabrik dari OEM seperti Asus, Colorful, EVGA, Gainward, Galaxy, Gigabyte, Innovision 3D, MSI, Palit, PNY, dan Zotac.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment