Sirkuit Mandalika Resmi Masuk Kalender Kejuaraan Dunia Superbike 2021

KalbarOnline.com − Indonesia kembali menyambut pergelaran event balap motor internasional tahun depan. Kali ini, Sirkuit Mandalika masuk kalender balap World Superbike atau WSBK 2021.

Sebelumnya, Mandalika masuk sebagai sirkuit cadangan untuk ajang balap motor bergengsi MotoGP tahun depan.

Nah, pekerjaan besar pun menanti Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku otoritas Sirkuit Mandalika. Apalagi, sirkuit sepanjang 4,31 kilometer tersebut sampai saat ini belum selesai dikerjakan.

  • Baca Juga: Lewis Hamilton Positif Covid-19, George Russell Jadi Pengganti

Selain itu, Sirkuit Mandalika wajib menjalani homologasi untuk mendapatkan sertifikasi FIM grade A. Langkah tersebut sebagai prasyarat menggelar event motorsport dunia seperti WSBK dan MotoGP.

’’Kami optimistis sirkuit dan homologasi dapat diselesaikan di pertengahan 2021,” kata CEO MGPA Ricky Baheramsjah dalam pernyataan resmi kemarin (1/12).

Baca Juga :  Penantang Juara Dunia: Saya Ingin Sekali Memukul Muka Si Zombie Korea

Sebanyak 13 putaran WSBK 2021 dijadwalkan berlangsung pada musim depan. Seri pertama bakal digeber di Sirkuit Assen, Belanda, pada 23−25 April 2021. Sedangkan satu seri terakhir akan ditentukan selanjutnya.

Sebagian besar seri WSBK musim depan bakal berlangsung di Eropa. ”Tiga putaran final akan berlangsung di luar Eropa,’’ tulis pernyataan resmi WSBK. Tiga seri tersebut, antara lain, Sirkuit San Juan Villicum, Argentina, pada 15−17 Oktober 2021; Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 12−14 November 2021, dan seri Australia di Phillip Island yang jadwalnya belum ditentukan.

Di regional Asia, sebelumnya ada Sirkuit Losail, Qatar, dan Sirkuit Internasional Chang, Thailand. Namun, pada musim 2021, hanya ada Sirkuit Mandalika yang masuk kalender WSBK.

Baca Juga :  16 Tim Berebut Masuk 8 Besar Turnamen Mobile Piala Gubernur Kalbar, Ini Daftarnya 

WSBK adalah kompetisi balap motor dunia dengan spesifikasi motor pabrikan masal. Pada musim 2020, sebagian besar WSBK berlangsung di sirkuit Eropa.

Beruntung, seri Australia berlangsung pada 29 Februari−1 Maret 2020, sebelum Covid-19 semakin menjadi masalah global. Jagoan Kawasaki Jonatan Rea kembali menjadi kampiun pada 2020. Itu adalah gelar keenam beruntun sejak 2015.

Tentang Sirkuit Mandalika
Mulai pembangunan: 2019
Panjang lintasan: 4,31 kilometer
Jumlah tikungan: 17
Area paddock: Lebih dari 40 garasi
Kapasitas tribun duduk: 50 ribu penonton
Kapasitas tribun berdiri: 138 ribu penonton
Hospitality suites: 7.700 penonton

Sumber: The Mandalika GP

Comment