Categories: Nasional

Pembubaran Lembaga Menghemat Rp 227 M Setahun

KalbarOnline.com – Pemerintah akhirnya memberikan penjelasan mengenai pembubaran 10 lembaga nonstruktural (LNS). Dalam keterangannya kemarin (1/12), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyebut pembubaran itu bagian dari reformasi birokrasi.

“Kita timbang tidak hanya dari sisi anggaran. Kecil memang anggaran. Tapi, tumpang-tindihnya tadi karena di kementerian juga terkait,’’ ujarnya dalam temu media secara daring kemarin.

Pengintegrasian berlanjut tahun depan dengan sasaran LNS yang dibentuk melalui UU. ’’Akan kita coba ajukan ke DPR tahun depan. Kita akan konsultasi dulu dengan DPR,’’ lanjut Tjahjo.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemen PAN-RB Rini Widyantini menjelaskan, tugas dan fungsi 10 LNS tersebut tidak dihilangkan. Lembaganya hanya dilebur di kementerian.

Misalnya, Dewan Riset Nasional dilebur ke Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/BRIN. Kemudian, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya dan Madura (BPWS) diintegrasikan dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

Dia menyatakan, potensi penghematan dari kebijakan itu memang tidak signifikan. Hanya sekitar Rp 227 miliar per tahun. ’’Tapi, memang titik beratnya kepada bagaimana kita melakukan efisiensi di dalam kewenangan untuk masing-masing pemerintah,’’ ungkapnya.

Disinggung soal jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang terdampak, Rini tidak menjawab secara pasti. Yang jelas, jumlahnya tidak banyak karena LNS didominasi pegawai kontrak. ’’Paling ada beberapa, terutama mungkin badan di BPWS yang mengelola wilayah Suramadu,’’ ujarnya.

Sebagai tindak lanjut, Men PAN-RB sudah bersurat kepada seluruh menteri terkait. Mulai soal pelimpahan wewenang, sumber daya manusia, anggaran, dokumentasi atau kearsipan, hingga aset.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Buntut Perkara “Potong Kompas” di Waterfront Sambas, Sejumlah Media Online Bakal Disomasi

KalbarOnline, Pontianak - Kendati Iskandar Zulkarnaen sudah habis-habisan membantah bahwa tidak ada kalimat “perintah Sutarmidji”…

2 hours ago

Rayakan Hari Kemenangan, PLN Gelar Halal Bihalal Bersama Anak-Anak Panti Asuhan

KalbarOnline.com – Dalam momen hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) Unit Induk…

4 hours ago

Mantapkan Diri Maju di Pilwako Pontianak 2024, Akbar Rahmad Putra Daftar ke PKS

KalbarOnline, Pontianak – Akbar Rahmad Putra, seorang dokter berusia 27 tahun terus memantapkan dirinya sebagai…

5 hours ago

Terima Manfaat dari Program Konsolidasi Tanah, Warga Terdampak Bencana Likuefaksi Palu Kini Miliki Hunian yang Layak dan Nyaman

KalbarOnline.com, Nasional - Program Konsolidasi Tanah merupakan bentuk penataan kembali suatu kawasan juga penguasaan tanah…

6 hours ago

Rakor GTRA Kalbar: Revitalisasi Gugus Tugas Reforma Agraria Untuk Kalimantan Barat Sejahtera

KalbarOnline.com, Pontianak - Sehubungan dengan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan…

6 hours ago

Sekda Ketapang Buka Kegiatan Gelar Talenta Pendidikan Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo membuka Gelar Talenta Pendidikan…

12 hours ago