Lanjutkan Tradisi, Indonesia Kembali Pimpin World Zakat Forum

KalbarOnline.com – Indonesia kembali memimpin organisasi dunia World Zakat Forum (WZF). Dalam konferensi internasional WZF yang digelar 30 November sampai 1 Desember kemarin, Zainulbahar Noor terpilih menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) WZF periode 2020-2023.

Terpilihnya Zainulbahar melanjutkan tradisi Indonesia memimpin organisasi dunia di bidang zakat tersebut. Sebelumnya Sekjen WZF dipegang oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bambang Sudibyo. Setelah selesai bertugas sebagai Sekjen, kini Bambang Sudibyo menjadi Ketua Dewan Pertimbangan WZF.

Zainul yang juga menjadi Wakil Ketua Baznas mengatakan amanah sebagai Sekjen WZF merupakan sebuah kehormatan besar.

“Ini juga akan menjadi tantangan bagi saya, bagaimana untuk mengarahkan pengelolaan zakat ini berjalan dalam tiga tahun ke depan,” ujarnya Selasa (1/12) malam. Zainul berharap melalui WZF, peran zakat global dapat mengatasi dampak dari pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Greysia Polii/Apriyani Juara Grup Usai Kalahkan Unggulan Tuan Rumah

Dalam gelaran konferensi internasional WZF 2020 itu juga dirumuskan delapan resolusi. Diantaranya adalah menghimbau seluruh anggota WZF untuk memperkuat kerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan strategis lainnya. Tujuannya untuk memitigasi dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19 melalui optimalisasi instrumen zakat.

Resolusi berikutnya mengajak seluruh anggota WZF untuk mengoptimalkan platform digital dan teknologi terkini. Meliputi kegiatan ajakan, penghitungan, penghimpunan, dan penyaluran dana zakat di masing-masing negara anggota.

Baca Juga :  Kerap Ditanya Soal Uji Klinis Obat Covid-19, Hadi Pranoto Kebingungan

Berikutnya mendesak seluruh negara anggota untuk kembali memfokuskan program penyaluran zakat guna memulihkan perekonomian masyarakat yang terkena pandemi Covid-19. Sekjen dan Wasekjen WZF menyusun rencana aksi penanganan dampak pandemi Covid-19 bagi mustahik global melalui distribusi dan pemberdayaan zakat yang tepat.

WZF dalam resolusinya juga menyinggung soal vaksin. Mempertimbangkan perkembangan vaksin Covid-19 di seluruh dunia, semua negara anggota didorong untuk mendukung pemerintahnya masing-masing dalam melaksanakan program vaksin Covid-19 halal untuk memberantas pandemi Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment