Categories: Nasional

Jika Tak Mau Tertular Covid-19, Jangan Abai Protokol 3M

KalbarOnline.com – Protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun adalah senjata utama untuk melawan Covid-19. Jika lengah atau abai, maka bisa saja suatu saat Anda tertular Covid-19.

Hal itu ditegaskan oleh Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. Menurutnya, tingginya angka kasus baru positif Covid-19 saat ini menjadi cerminan bahwa masyarakat masih lengah atau abai terhadap protokol kesehatan 3M. Dia menjelaskan hal itu terlihat dari zona hijau yang kian menipis, sementara zona merah makin menyebar.

“Saya kecewa peta zona merah tambah 2 kali lipat dari 2 minggu sebelumnya. Jumlah zona hijau pun menipis. Data ini harus jadi cermin bagi kita semua dalam kendalikan Covid-19. Keadaan ini jadi cambukan perbaiki diri,” tuturnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/12).

  • Baca Juga: Covid-19 Masih Melejit, Warga Harus Ekstra Terapkan Protokol Kesehatan

“Jangan pernah abai karena cepat atau lambat Anda akan jadi penderita Covid-19 jika lengah proteksi diri,” ungkap Prof Wiku.

Dia meminta pemerintah daerah untuk terus menegakkan edukasi protokol 3M dan 3T yakni testing, tracing, dan treatment. Menurut Prof Wiku, faktor utama kasus aktif Covid-19 yakni disebabkan perilaku tak disiplin masyarakat dalam mematuhi 3M.

“Masih banyak masyarakat berkerumun dalam berbagai bentuk kegiatannya. Memicu penularan yang berdampak pada peningkatan kasus aktif,” jelasnya.

Dia menegaskan semua ini bisa dicegah jika disiplin dalam protokol 3M. “Ternyata di masyarakat masih ada yang lengah tidak menjalankan 3M. Peningkatan kasus hanya bisa dicegah dengan disiplin protokol kesehatan,” tuturnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Komunitas Energi Muda Dukung Sugioto Maju Wakil Wali Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Komunitas Energi Muda Pontianak menyatakan dukungannya kepada Sugioto untuk maju mencalonkan diri…

6 hours ago

Pj Gubernur Kalbar Resmikan GOR Terpadu Ayani Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Terpadu Ayani Pontianak yang berlokasi di kawasan Gelora…

10 hours ago

Pemkot Pontianak Salurkan 41 Hewan Kurban, Salat Idul Adha Digelar di Depan Kantor Wali Kota

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak menyalurkan sebanyak 41 hewan kurban sapi untuk dibagikan…

12 hours ago

Pj Wako Sebut Persyaratan Lunas PBB di PPDB Sifatnya Edaran, Dilampirkan Saat Siswa Dinyatakan Diterima

KalbarOnline, Pontianak - Terkait pemberlakuan bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai salah satu…

12 hours ago

Kapolsek Pulau Maya Beri Pembinaan Cegah Bullying di SMP Negeri 03 Pulau Karimata Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara - Kapolsek Pulau Maya Karimata, IPDA Abu Mansur beserta personel Bhabinkamtibmas  mengunjungi…

12 hours ago

Pemkot Pontianak Larang Penggunaan Kantong Plastik untuk Daging Kurban

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Kota Pontianak melarang panitia kurban menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging…

12 hours ago