Ini Spesifikasi Dan Kelebihan Fitur Samsung Galaxy Watch 3

Smartphone bukanlah satu-satunya produk yang diandalkan Samsung di pasaran. Ada banyak produk unggulan lainnya yang juga populer saat ini, sebut saja salah satunya yakni Samsung Galaxy Watch. Produk satu ini merupakan sebuah smartwatch atau jam tangan pintar yang bisa menemani berbagai aktivitas harian Anda. Tepat pada awal Agustus 2020 lalu, Samsung baru saja mengenalkan generasi terbaru dari Samsung Galaxy Watch pada pagelaran Galaxy Unpacked.

Pengenalan generasi ketiga dari Samsung Galaxy Watch ini disambut baik oleh para penggemar Samsung, terlebih bagi mereka yang memang sedang mencari sebuah smartwatch guna menunjang aktivitas kesehatan atau olahraga. Bersamaan dengan perilisan Samsung Watch 3, Samsung juga mengenalkan aksesori wearables lainnya yang tak kalah menarik perhatian, yakni earphone TWS. Aksesori ini hadirkan desain yang nyaman dengan pengalaman audio yang lebih menyenangkan. Sebagai penikmat musik, earphone TWS ini tak boleh Anda lewatkan.

Namun, pada artikel kali kami tak akan membahas perihal earphone TWS terbaru Samsung. Sebaliknya, ulasan mengenai spesifikasi serta kelebihan Samsung Galaxy Watch 3 akan dibahas secara detail. Sebagai produk terbaru, smartwatch ini menawarkan aneka fitur unggulan yang lebih canggih dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Desain klasik yang diusung membuat Samsung Galaxy Watch 3 tampak berbeda dengan Galaxy Watch Active 2 yang sebelumnya sudah terlebih dahulu dirilis. Perbedaan ini juga menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki Galaxy Watch 3.

Penasaran dengan bagaimana spesifikasi serta kelebihan yang dimiliki produk terbaru ini? Jika iya, simak ulasan berikut dengan baik, ya!

Desain
Meski tawarkan desain klasik, namun kesan mewah masih tetap Anda dapatkan pada smartwatch yang satu ini. Hal tersebut membuat penggunaannya sangat cocok untuk menemani berbagai kegiatan harian Anda, mulai dari kegiatan formal hingga non formal sekalipun. Di sisi lain, Anda pun bisa lebih percaya diri beraktivitas dengan menggunakan jam pintar satu ini. Tak hanya unggulkan desainnya saja, material pembuat jam pintar ini juga terbilang sangat berkualitas.

Di mana Samsung memilih untuk menyematkan material premium ke dalamnya. Perpaduan antara stainless steel dan kulit berkualitas tinggi membuatnya tampak semakin berkelas saja. Selain hadir dengan material stainless steel, Samsung juga telah menghadirkan varian lainnya yang terbuat dari bahan titanium. Bahan satu ini tak kalah elegan dan tahan lama. Sebagai pengguna, Anda bisa dengan leluasa memilih mana material yang paling disukai.

Terinspirasi dari model jam terdahulu, pada generasi terbaru ini dilengkapi dengan rotating bezel di dalamnya. Hal ini membuat Anda bisa berpindah antara menu yang satu dengan menu lainnya hanya dengan memutarkan Bezel. Sebagai contoh, saat sedang membuka aplikasi lalu ingin memeriksa notifikasi, cukup putar bezelnya dan notifikasi bisa langsung Anda lihat.

Layar
Sama seperti jam tangan pintar pada umumnya, Samsung juga telah menyematkan teknologi layar sentuh yang sensitif pada Galaxy Watch 3 ini. Di sisi lain, layar smartwatch hanya akan menyala jika Anda sedang menggunakannya. Jika tidak, layar akan secara otomatis tampak gelap dan membuatnya semakin keren. Untuk lebih memudahkan para penggunanya, Anda bisa langsung mengoperasikan smartwatch hanya dengan mengetuk layar. Beberapa tombol juga tak lupa lupa untuk disematkan agar lebih memudahkan Anda.

Perihal dimensinya, Galaxy Watch 3 ini hadir dengan dimensi yang lebih tipis dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Gak ini secara tidak langsung juga berdampak pada bobot smartwatch. Di mana produk generasi terbaru ini dipastikan memiliki bobot yang ringan dan nyaman untuk digunakan setiap hari.

Baca Juga :  Polisi Diselamatkan Apple Watch saat Sedang Menangkap Penjahat

Samsung menyediakan lebih dari 80.000 tampilan layar yang bisa Anda pilih. Banyaknya pilihan tampilan layar tersebut tentu membuat Anda bisa dengan mudah memilih mana tampilan yang paling menggambarkan diri sendiri. Keseluruhan tampilan layar tersebut bisa Anda temukan pada Galaxy Store. Merasa tampilan yang ditawarkan masih tak sesuai dengan keinginan Anda? Jangan khawatir, pengguna juga bisa mendesain tampilan layarnya sendiri, lho. Keren, bukan?

Untuk semakin melengkapi kecanggihan yang ditawarkan, Galaxy Watch 3 sudah dilengkapi dengan sertifikat IP68, lho. Adanya sertifikat ini menunjukkan jika Galaxy Watch 3 memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air dan juga debu. Bahkan, sekalipun masuk ke dalam air dengan kedalaman 5 ATM, smartwatch ini bisa bertahan selama 30 menit. Dengan kata lain, Anda pun bisa berenang dan melakukan aktivitas outdoor lebih nyaman menggunakan smartwatch ini. Akan tetapi, jangan gunakan Galaxy Watch 3 saat sedang berada di dalam air laut, ya.

Performa
Galaxy Watch 3 dilengkapi dengan dukungan chipset Exynos 9119 dual core 1.15Ghz. Performanya yang handal juga semakin ditunjang berkat kapasitas RAM 1 GB yang disematkan. Anda pun bisa menyimpan berbagai macam file di dalam smartwatch ini berkat adanya memori internal sebesar 8 GB. Perihal konektivitas, Samsung telah menyematkan konektivitas bluetooth 5.0 di dalamnya. Dibutuhkan setidaknya Android 5.0 atau iOS 9.0 untuk bisa menyambungkannya dengan Galaxy Watch 3.

Dengan sistem operasi OS 5.5 serta user interface yang menarik membuat penggunanya smartwatch ini patut Anda pertimbangkan. Beralih pada kapasitas baterai, Samsung Galaxy Watch 3 dilengkapi dengan baterai sebesar 340 mAh. Sebuah kapasitas baterai yang terbilang cukup besar untuk sebuah smartwatch. Di mana pihak Samsung mengklaim jika pengguna smartwatch ini mampu bertahan selama dua hari lamanya.

Anda bisa dengan mudah menghubungkan smartwatch dengan perangkat smartphone yang Anda miliki. Saat sudah dihubungkan, notifikasi yang masuk pada smartphone bisa muncul pada Galaxy Watch 3, lho. Diantaranya seperti notifikasi pesan masuk hingga notifikasi panggilan masuk. Bahkan, Anda pun bisa langsung menjawab panggilan telepon melalui smartwatch. Membalas pesan yang masuk melalui SMS, WhatsApp, hingga Line juga bisa Anda lakukan pada perangkat ini. Keren, bukan?

Kabarnya, selain bisa mengangkat telepon, Anda juga bisa melakukan panggilan telepon langsung pada kontak yang ada di perangkat ponsel Anda. Agar pengalaman mendengarkan musik semakin menyenangkan, Samsung telah bekerja sama dengan salah satu platform streaming musik populer, yakni Spotify. Kerjasama tersebut memungkinkan para pengguna Galaxy Watch 3 bisa lebih mudah setiap kali mendengarkan musik melalui smartwatch. Jangan lupa untuk juga gunakan headset bluetooth agar pengalaman mendengarkan musik semakin menyenangkan saja.

Fitur Andalan
Fitur andalan yang ada di Galaxy Watch 3 tentu terbilang sangat banyak. Salah satu yang paling menonjol yakni fitur pemantau kesehatan dan juga kebugaran. Dengan adanya fitur tersebut, segala aktivitas kebugaran Anda bisa terasa semakin menyenangkan. Mulai dari bersepeda, berenang, jogging, hingga aneka aktivitas olahraga lainnya.

Diantara banyaknya fitur yang tersedia, fitur Blood Oxygen (SpO2) menjadi yang paling menarik perhatian. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa dengan mudah mengukur kadar oksigen dalam darah hanya dengan menggunakan sebuah jam tangan. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana tingkat kebugaran serta kesehatan tubuh. Cukup tunggu beberapa waktu, hasil dari kadar oksigen di tubuh akan secara langsung muncul pada layar.

Sebagai informasi, kadar oksigen pada darah yang normal yakni berada pada rentang 95 hingga 100. Apabila nomor yang muncul pada layar berada kurang dari rentang tersebut, bisa dikatakan jika kadar oksigen pada darah Anda mengalami kekurangan. Jika ini sampai terjadi, segera hubungi dokter, ya. Untuk mengantisipasi adanya kesalahan sistem, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengetes kadar oksigen dalam darah lebih dari satu kali.

Baca Juga :  Samsung Galaxy M11, Seri Entry Level dengan Tampilan Kekinian

Bagi Anda yang memiliki hobi jogging, fitur Running Analysis tidak boleh Anda lewatkan. Fitur ini mampu memberikan feedback secara real-time pada olahraga lari yang Anda lakukan. Secara tidak langsung, bagaimana performa serta postur tubuh saat berlari akan muncul pada layar smartwatch. Jangan lupa untuk selalu aktifkan fitur ini setiap kali akan berlari, ya. Sedangkan bagi Anda yang lebih sering melakukan cardio, smartwatch ini juga menawarkan pembacaan VO2max untuk mengukur kadar oksigen selama berolahraga.

Tak hanya menunjang aktivitas olahraga di luar rumah aja, smartwatch ini juga bisa menemani aktivitas olahraga Anda di dalam rumah. Pasalnya, Galaxy Watch 3 dilengkapi dengan lebih dari 120 koleksi video latihan yang berbeda. Lihat seluruh daftar video yang ada dan pilih mana yang ingin Anda lakukan. Menariknya lagi, video yang ada pada smartwatch ini juga bisa Anda tampilkan pada Samsung Smart TV, lho. Hal ini semakin menunjang aktivitas olahraga Anda karena dipandu melalui layar yang besar. Tak ada lagi alasan untuk malas berolahraga jika Anda sudah memiliki smartwatch ini, ya.

Bagaimana kualitas tidur Anda juga bisa diperbaiki dengan adanya smartwatch ini. Pasalnya, Samsung Galaxy Watch 3 telah dilengkapi dengan fitur manajemen waktu di dalamnya. Fitur ini akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Sebagai orang yang kerap memiliki permasalahan tidur, coba atasi dengan membeli Samsung Galaxy Watch 3.

Layaknya sebuah smartphone, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam aplikasi pada perangkat satu ini, lho. Salah satu aplikasi yang bisa Anda unduh yakni Watch Translator. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa membantu Anda dalam menerjemahkan sebuah bahasa. Sebelum digunakan, atur terlebih dahulu bahasa apa yang akan digunakan. Selanjutnya atur mic smartwatch pada posisi auto dan katakan kalimat yang ingin Anda terjemahkan. Cara ini tentu lebih simpel dibandingkan dengan mengetikkan kalimat pada smartphone apa laptop.

Terlepas dari beberapa fitur yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi fitur unggulan yang tak boleh Anda lewatkan, diantaranya yakni fitur Fall Detection dan fitur Gesture Control. Fitur Fall Detection ini bisa menjaga keamanan Anda selama berolahraga atau melakukan aktivitas lain. Di mana saat fitur diaktifkan, pesan SOS akan langsung dikirimkan kepada kontak darurat yang sudah Anda tentukan. Dengan kata lain, adanya fitur ini memungkinkan Anda mendapatkan bantuan cepat setiap kali terjatuh.

Sedangkan fitur Gesture Control ini memungkinkan Anda untuk bisa mengoperasikan smartwatch hanya dengan gerakan tangan saja. Sebagai contoh, Anda hanya perlu membuka atau mengepalkan telapak tangan setiap kali akan mengangkat sebuah panggilan masuk. Jika ingin mematikan suara alarm yang berdering, cukup putar pergelangan tangan Anda. Untuk bisa menggunakannya, Anda tentu perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

Berdasarkan ulasan yang telah disebutkan di atas, bisa dikatakan jika Samsung Galaxy Watch ini patut jadi pilihan Anda yang sedang mencari jam tangan pintar berkualitas. Perihal harganya, Anda perlu menyiapkan bujet mulai dari Rp 5 jutaan untuk bisa menggunakan smartwatch terbaru Samsung ini.

The post Ini Spesifikasi Dan Kelebihan Fitur Samsung Galaxy Watch 3 appeared first on KalbarOnline.com.

Comment