Ingatkan Prokes, Satgas Covid-19: Tak Ada Tempat Aman Dari Covid-19

KalbarOnline.com – Covid-19 memang tak memilih tempat untuk menulari orang dengan virusnya yang berbahaya. Kepala Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Doni Monardo mengungkapkan, tidak ada tempat yang aman dari Covid-19 di bumi. Termasuk Indonesia.

“Selama pandemi ini masih ada di muka bumi, dan dunia terpapar Covid, maka tidak ada tempat yang betul-betul aman di permukaan bumi, apalagi Tanah Air kita,” ungkapnya dalam siaran YouTube BNPB Indonesia, Selasa (1/12).

Maka dari itu, Doni meminta agar para masyarakat dapat terus melakukan langkah pencegahan virus. Salah satunya adalah dengan dengan terus melakukan sosialisasi akan pandemi Covid-19, tapi dengan bahasa daerah.

  • Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19, Doni Minta Semua Pihak Tegakkan 3M dan 3T
Baca Juga :  Bupati Aron Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2021

“Jangan kehabisan ide, mari kita saling memberitahukan dengan bahasa daerah, dengan bahasa lolak dengan kearifan lokal. Upayakan lah setiap hari mengajak setidaknya dua orang terdekat untuk patuh protokol kesehatan,” terangnya.

Hal yang dilakukan saat ini, ia anggap akan lebih mudah mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Karena masyarakat memiliki kedekatan secara emosional apabila diingatkan dengan bahasa ibunya atau bahasa kelahirannya.

Baca Juga :  Kader Muda Demokrat Wujudkan Keadilan Sosial di Tengah Masyarakat

Bersama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pemerintah akan mensosialisasikan pedoman perubahan perilaku terkait pencegahan penyebaran virus korona dengan 77 bahasa daerah.

“Dengan bahasa yang diterjemahkan ini diharapkan, nantinya bisa lebih cepat mempelajari tentang covid-19, termasuk juga tentang program yang berhubungan dengan kampanye akan lebih baik menggunakan bahasa daerah,” tutup dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment