Daftar Merek Smartphone Paling Populer di Tanah Air

KalbarOnline.com – Firma riset pasar IDC kembali merilis data terbaru untuk pengiriman smartphone di tanah air per kuartal ketiga (Q3) 2020. Meski sempat anjlok akibat dihantam pandemi Covid-19, kondisi pasar smartphone di Indonesia dilaporkan mulai mengalami pemulihan.

Market Analyst Client Devices IDC Indonesia, Risky Febrian dalam laporan IDC menjelaskan, tertahannya pembelian smartphone dikarenakan adanya pembatasan pada paruh pertama tahun ini. Kemudian meningkatnya penggunaan smartphone untuk mendukung aktivitas seperti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah mendorong pemulihan yang kuat pada Q3 2020 dengan pertumbuhan sebesar 49 persen dari kuartal sebelumnya dan 21 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Data IDC terkait pasar ponsel di tanah air pada Q3 2020. (Istimewa)

“Para perusahaan smartphone terlibat kompetisi yang ketat dalam memperkenalkan berbagai lini
smartphone di segmen harga yang terjangkau, menghasilkan pertumbuhan tahunan sebesar 20 persen di segmen ultra low-end atau di segmen harga kurang dari USD 100 (Rp 1,4 jutaan) dan mencapai pangsa pasar sebesar 16 persen setelah penurunan selama tiga kuartal berturut-turut,” ungkap Rizky, dikutip dari keterangan IDC.

Baca Juga :  Demi jadi Browser Default IPhone, Google Rela Bayar Apple Sebesar Ini

Dia melanjutkan, saat kanal ritel offline kembali dibuka setelah karantina, pengiriman ke kanal offline meningkat secara signifikan. Namun momentum online tetap kuat, mencatatkan pertumbuhan sebesar 3 persen dari kuartal sebelumnya.

Berikut 5 merek smartphone terpopuler di Indonesia menurut IDC per kuartal 3 2020:

Vivo
Di posisi pertama ada Vivo. Vivo memperkuat keunggulannya di segmen low end mulai dari Rp 1-3 jutaan dengan memperkenalkan model Y12i, Y20, dan Y30i di segmen ini. Seri X50 Pro dan V20 dipromosikan secara agresif, dimana seri V20 juga mendapatkan reaksi pasar yang baik setelah diperkenalkan menjelang akhir 3Q20.

Oppo
Di tempat kedua ada Oppo yang dilaporkan berhasil mempertahankan dominasinya di segmen midrange dengan rentang harga Rp 2-5 jutaan. Seri A53 dan Reno 4 yang baru diperkenalkan disebut IDC dapat dengan cepat menarik perhatian konsumen melalui strategi iklan online yang ekstensif.

Baca Juga :  3 TOP MID-RANGE SMARTPHONE PARUH PERTAMA 2020

Xiaomi
Sementara di posisi ketiga ada Xiaomi. Bersaing dengan Vivo dan Oppo, Xiaomi dikatakan menawarkan berbagai pilihan untuk memenuhi permintaan yang tinggi akan smartphone terjangkau (termasuk seri Redmi 8A Pro, Redmi 9A, Redmi 9C, dan Redmi 9), dalam persaingan yang ketat pada segmen harga di bawah Rp 2 jutaan.

Samsung
Samsung juga ikut serta dalam menyediakan opsi smartphone yang terjangkau dengan memperkenalkan lini produk Galaxy A01 Core, seri ini membantu Samsung untuk mendominasi segmen ultra low-end dengan kisaran harga Rp 1 jutaan yang mencakup sepertiga dari total pengirimannya.

Realme
Realme di posisi terakhir dilaporkan berfokus pada lini produk C-series, model C11 berkompetisi di ruang yang sama dengan Xiaomi seri Redmi 8/9 pada rentang harga kurang dari Rp 2,8 jutaan. Untuk Realme, IDC mencatat, seri midrange Realme 7 yang baru diperkenalkan tidak mendapatkan respon pasar yang lebih baik dari seri pendahulunya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment