Cegah Penularan Covid-19, Doni Minta Semua Pihak Tegakkan 3M dan 3T

KalbarOnline.com – Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan, upaya 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan menjaga jarak sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Dalam situasi penularan Covid-19 yang masih terjadi setiap warga negara hendaknya menjalankan protokol kesehatan termasuk secara sukarela untuk dites, ditelusuri kontak eratnya serta bersedia menjalani perawatan atau karantina jika positif tertular virus korona,” kata Doni dalam keterangannya, Minggu (29/11).

Baca Juga :  Berbagi Kebahagiaan di Bulan Suci Ramadan, PLN Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim, Difabel dan Lansia Dhuafa di Kalteng

Selain itu, Doni menyebut upaya 3T yakni testing, tracing, treatment juga merupakan langkah untuk mengendalikan penularan Covid-19. Menurut Doni, testing, tracing dan treatmet merupakan tindakan kemanusiaan dan nondiskriminatif sehingga siapapun wajib mendukungnya.

  • Baca Juga: Makin Tinggi, Pengangguran di Indonesia Tembus di Angka 9,7 Juta Orang

“Satgas meminta sekali lagi kepada masyarakat luas, siapapun itu, untuk kooperatif. Sehingga upaya penangangan Covid-19 berhasil menekan kasus,” ujar Doni.

Baca Juga :  PKB: Terorisme Biasa Muncul dari Pemahaman Agama yang Sempit dan Jumud

Doni juga menekankan, empati dan dukungan harus diberikan kepada para tenaga kesehatan maupun relawan yang berjibaku menjalankan penanganan kesehatan.

“Pemerintah akan melakukan langkah dan tindakan tegas bagi siapapun yang melanggar ketentuan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat,” tegas Doni.

Comment