Edukasi Permasalahan Sampah sejak Dini lewat Buku Dongeng

KalbarOnline.com–Edukasi permasalahan lingkungan, khususnya soal sampah perlu dilakukan sejak dini. Bertepatan dengan Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) diluncurkan seri buku cerita bergambar atau dongeng tentang lingkungan dan sampah.

Buku seri itu bertajuk Dongeng Edukasi Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku). Seri dongeng itu karya Mochamad Ariyo Faridh Zidni dan ilustrator Dewi Tri Kusumah Handayani. Seri buku itu terdiri atas empat judul buku. Yakni Petualangan Pagi-Pagi, Bahaya Mengancam, Jagoan Beraksi, dan Tawa Kemenangan.

”Dongengnya melalui tokoh kakak-beradik Mita dan Dodo,” kata Ariyo dalam peluncuran buku dongeng secara virtual pada Sabtu (28/11).

  • Baca juga : Ajarkan Gizi dan Hidup Sehat pada Anak Bisa Lewat Dongeng

Melalui karakter itu, lanjut dia, anak-anak diperkenalkan tentang jenis sampah. Selain itu, anak-anak juga diperkenalkan perjalanan sampah. Serta dampak buruknya jika dibuang sembarangan.

Baca Juga :  Gunakan KTP Orang Lain, Polisi Telusuri Dua Penumpang Sriwijaya Air

Dengan gaya berpetualang, anak-anak juga diajak untuk menjadi pahlawan lingkungan dengan memilah dan membuang sampah pada tempatnya. Seri dongeng itu diharapkan bisa mengajak anak-anak untuk mulai belajar menjaga lingkungan dari sampah dengan menarik dan menyenangkan.

Lebih lanjut Ariyo mengatakan, kepedulian terhadap masalah lingkungan dan mendorong keterlibatan generasi muda untuk mengambil bagian di dalamnya harus di pupuk sejak usia dini. ”Untuk memberikan pengertian kepada anak-anak dibutuhkan sarana yang menyenangkan sekaligus mudah dipahami,” jelas Ariyo.

Untuk itu dia memilih mengembangkannya melalui metode seri dongeng edukasi. Sehingga akan menarik minat anak-anak untuk lebih mengerti seputar permasalahan sampah.

Baca Juga :  Kapolri Bersilaturahmi ke Ketua Umum PP Muhammadiyah

Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menjelaskan, inisiatif itu merupakan bagian dari visi besar mereka yaitu One Planet One Heath. Mereka percaya bahwa kesehatan dan lingkungan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

”Melalui dua unit usahanya, Danone Aqua dan Nutricia, kami berupaya untuk mengajak setiap keluarga untuk menciptakan lingkungan yang bersih,” ujar Vera.

Selain itu, mereka juga mulai memupuk kesadaran pengelolaan sampah bagi anak-anak di Indonesia. Pembuatan buku seri dongeng itu merupakan upaya mereka dalam mendukung pertumbuhan anak Indonesia yang hebat dan sehat. Juga anak yang akan selalu berbuat baik kepada lingkungannya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment