by

Baiduri-Rufina Komitmen Perjuangkan Kratom dan Karet

Baiduri-Rufina Komitmen Perjuangkan Kratom dan Karet

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Calon Bupati Kapuas Hulu nomor urut 2, Baiduri dalam kampanye di kediaman Ketua Tim Pemenangan Koalisi BARU di Jalan Beringin Kampung Prajurit, Kelurahan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara mengatakan, persoalan kratom dan karet merupakan komitmen Baiduri-Rufina untuk diperjuangkan. Sehingga harga kratom dan karet di Kabupaten Kapuas Hulu tinggi serta mampu meningkatkan ekonomi petani dan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (27/11/2020) malam.

“Saya dari tahun 2001-2002 sudah mengikuti perkembangan kratom, bahkan pada saat itu, saya pernah mengirimkan sampel daun kratom ke laboratorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mengetahui khasiat serta kegunaan dari komoditi kratom itu, hasil dari LIPI mengatakan bahwa kratom berkhasiat untuk obat herbal, ini membuktikan bahwa kami sudah berjuang untuk petani kratom,” tegasnya.

Mengenai komoditi karet, dikatakan Baiduri dari tahun 2014-2015 dirinya meminta data penghasil karet di Kabupaten se-Kalimantan Barat, ternyata dari data tersebut, komoditi karet Kabupaten Kapuas Hulu nomor dua terbaik kualitasnya setelah Kabupaten Sanggau.

“Artinya kualitas atau mutu karet Kapuas Hulu sangat baik. Untuk menstabilkan harga komoditi karet ini, Insya Allah kalau saya terpilih menjadi Bupati Kapuas Hulu, saya ingin mengajak investor untuk membangun pabrik karet di Kabupaten Kapuas Hulu, hal ini sangat beralasan, karena Kabupaten Kapuas Hulu berbatasan langsung dengan Malaysia, maka kita manfaatkan PLB Badau untuk menjual komoditi karet Kapuas Hulu ke Malaysia,” imbuhnya.

Di samping itu, kalau menjual karet ke Pontianak, ongkos atau cash biaya terlalu besar dan rentang perjalanan ke Pontianak cukup jauh.

“Jika kita menjual karet ke Malaysia, maka biaya angkut dan jarak rempuh pun tidak besar,” kata Baiduri.

“Dengan luasnya dan kayanya Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Kapuas Hulu, saya dan Ibu Rufina sangat sangat konsen dan komitmen membangun Kabupaten Kapuas Hulu di bidang pertanian, ini juga merupakan salah satu visi misi atau program Baiduri-Rufina untuk membangun serta memajukan masyarakat dan Kabupaten Kapuas Hulu di sektor pertanian maupun dari sektor pembangunan lainnya,” pungkas Baiduri. (Ishaq)

Comment

News Feed