Categories: Internasional

Presiden Brasil Jair Bolsonaro: Saya Ogah Disuntik Vaksin Covid-19!

KalbarOnline.com – Presiden Brasil Jair Bolsonaro adalah salah satu pihak yang menolak vaksin Covid-19. Bahkan, Bolsonaro sampai berbeda pendapat dengan Gubernur Negara Bagian Sao Paulo, Joao Doria, yang telah menyetujui pemesanan vaksin Covid-19. Bolsonaro bahkan menyebut bahwa warga Brasil tak mau menjadi kelinci percobaan terkait uji klinis vaksin Covid-19.

Dalam perkembangannya, Bolsonaro masih bersikeras menolak vaksin Covid-19. Teranyar, pada Kamis (26/11) malam waktu Brasil atau Jumat (27/11) WIB, Bolsonaro secara tegas mengatakan bahwa dirinya tak bersedia divaksin atau disuntik vaksin Covid-19. Ini semakin mengindikasikan bahwa dia memiliki keraguan terhadap program vaksinasi virus Korona.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung melalui berbagai platform media sosial, pemimpin sayap kanan itu menambahkan bahwa Kongres kemungkinan tidak mengharuskan warga Brasil mendapatkan vaksin.

Brasil sendiri mencatat kematian akibat Covid-19 tertinggi kedua di dunia. Dan, Bolsonaro selama berbulan-bulan meremehkan bahaya pandemi meski dirinya pernah terinfeksi Covid-19 pada Juli lalu.

“Saya katakan, saya tidak akan disuntik (vaksin). Itu hak saya,” tegas Bolsonaro.

Bolsonaro juga menyampaikan keraguan atas manfaat penggunaan masker dalam pernyataannya. Itu sekaligus menyiratkan bahwa terdapat sedikit bukti konklusif tentang keefektifan masker dalam mencegah penularan virus Korona.

Dia juga kerap mengatakan warga Brasil tidak akan diharuskan mengikuti vaksinasi ketika vaksin Covid-19 tersedia secara luas. Pada Oktober, Bolsonaro melontarkan lelucon di Twitter, yang menuliskan bahwa vaksinasi hanya diwajibkan untuk anjing peliharaannya saja.

Saksikan video menarik berikuta ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Bawaslu Pontianak buka Perekrutan Panwascam Pendaftar Baru

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka pembentukan panitia pengawas pemilu (paswascam) kecamatan dalam pemilihan umum (pemilu)…

1 hour ago

300 Pelajar SMP Pontianak Ikuti Tes Bakat Calon Atlet Panjat Tebing dari Kemenpora

KalbarOnline, Pontianak - Sebanyak 300 pelajar SMP di Kota Pontianak mengikuti Tes Identifikasi Bakat Calon…

1 hour ago

Budi Daya Lele Dalam Ember Jadi Solusi Keterbatasan Lahan

KalbarOnline, Pontianak - Warga Gang Kuini, Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat berhasil membudidayakan…

1 hour ago

Ungguli DKI Jakarta, Pemprov Kalbar Raih 98 Poin pada Penilaian MCP Tahun 2024

KalbarOnline, Pontianak - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) berhasil mencetak 98 poin pada penilaian…

2 hours ago

Menkes RI Apresiasi Keseriusan Pemprov Kalbar Tekan Angka Talasemia Daerah

KalbarOnline, Pontianak - Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi keseriusan Pemerintah Provinsi…

2 hours ago

Peringatan Hari Talasemia Sedunia, Windy Harisson Luncurkan Buku Inspiratif Tekad Bunda Merawat Asa

KalbarOnline, Pontianak - Dalam rangka Hari Talasemia Sedunia yang jatuh pada 8 Mei 2024, Ketua…

3 hours ago