Kemenag Siapkan Aturan untuk Ibadah dan Mudik Natal saat Pandemi

KalbarOnline.com – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meminta umat Kristiani yang merayakan Natal tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Fachrul mengatakan, langkah itu sangat penting mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Kemenag juga akan mengeluarkan aturan terkait penyelenggaraan ibadah Natal dalam masa pandemi Covid-19. “Sudah kami rapatkan, untuk dirumuskan bersama Bimas Kristen dan Bimas Katholik,” ujar Fachrul.

Baca Juga :  Dibuka Wapres, Forum Zakat Dunia Bahas Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Menurutnya, imbauan yang dikeluarkan Kemenag tidak berbeda jauh dari perayaan hari raya agama lain, misalnya saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha yang dirayakan umat Islam. Pada dasarnya semua kegiatan harus aman demi keselamatan masyarakat.

“Pada dasarnya, mirip saja dengan yang lalu. Kalau di rumah ibadah betul-betul kami garis bawahi, jangan berkerumun, jaga jarak, cek kesehatan dan lainnya. Itu semua sama saja,” imbuhnya.

Baca Juga :  MPR: 3M Adalah Jurus Terbaik Putus Rantai Penularan Covid-19

Perayaan hari raya agama, katanya, juga berkaitan erat dengan aktivitas mudik yang dilakukan masyarakat. Karenanya Kemenag akan mengeluarkan aturan terkait mudik Natal tahun ini.

“Masalah mudiknya juga akan kami cantumkan disitu, bersamaan dengan kami keluarkan produk (hukum) itu,” pungkas Fachrul.

Comment