by

TNI AD Bangun Puslatpur Baru di Kalimantan Utara

KalbarOnline.com – Intensitas latihan tempur prajurit TNI AD di bawah pimpinan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa kian meningkat. Mantan panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) itu memang berupaya maksimal meningkatkan kemampuan prajuritnya. Tidak heran, pihaknya berniat menambah pusat latihan tempur atau puslatpur.

Keterangan itu disampaikan Andika usai meninjau Latihan Antar Kecabangan atau Latihan Gabungan TNI AD bersandi Kartika Yudha 2020 di Puslatpur Kodiklatad, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. “Kami sudah mulai merintis daerah latihan baru yang lebih besar,” terang dia Kamis (26/11). Andika memang tidak menyebut secara spesifik di mana puslatpur itu dibangun. Namun, dia mengungkapkan lokasinya di Kalimantan.

UJI KEMAMPUAN: Ribuan prajurit TNI AD berlatih di Puslatpur Kodiklatad, Baturaja dalam Latihan Kartika Yudha 2020. TNI AD juga tengah membangun puslatpur baru di Kalimantan. (Dispenad)

Menurut Andika puslatpur itu sudah dimulai pembangunannya oleh TNI AD sejak awal tahun. “Kami juga sudah mulai merintis daerah latihan baru yang lebih besar yang sudah kami rintis sejak awal tahun, di Kalimantan Utara,” bebernya. Pejabat yang pernah bertugas sebagai komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Pasmapres) itu menyatakan, tidak kurang 240 ribu hektare lahan akan menjadi puslatpur TNI AD di sana.

Bahkan, luasan lahan itu bisa bertambah lagi sampai 320 ribu hektare. Angka itu jelas sangat besar. Mengingat Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, OKU Timur, Sumatera Selatan tidak sampai 100 ribu hektare. “Ini memang sudah jadi yang terbesar, 43 ribu hektare,” kata Andika. Dengan lahan latihan tempur seluas itu, mereka sudah bisa melaksanakan latihan antar kecabangan yang melibatkan banyak alat utama sistem persenjataan (alutsista).

UJI KEMAMPUAN: Ribuan prajurit TNI AD berlatih di Puslatpur Kodiklatad, Baturaja dalam Latihan Kartika Yudha 2020. TNI AD juga tengah membangun puslatpur baru di Kalimantan. (Dispenad)

Apalagi bila puslatpur di Kalimantan Utara sudah selesai dibuat. Bukan tidak mungkin lebih banyak alutsista dan pasukan bisa berlatih bersama di sana. Khusus di Baturaja, Andika menyebut, saat ini baru 12 ribu hektare lahan yang bisa dimaksimalkan. Dia ingin angkanya terus bertambah. “Kami merencanakan untuk sampai dengan 25 ribu hektare,” jelasnya.

Tidak hanya dipakai berlatih oleh pasukan TNI AD dari berbagai cabang. Puslatpur Baturaja juga digunakan untuk latihan tempur bersama militer negara-negara sahabat. Andika yang concern meningkatkan kemampuan prajurit TNI AD memang tidak cuma melatih sesama prajurit Angkatan Darat. Dia kerap mengajak militer negara lain latihan bersama. Dia bahkan tidak segan mengirim anak buahnya ke luar negeri. Misalnya untuk latihan di Amerika Serikat (AS). Menurut Andika, itu penting guna meningkatkan kualitas prajurit TNI AD.

Comment

News Feed