Kapolri Apresiasi Pelayanan Publik Berbasis IT

KalbarOnline.com – Korlantas Polri menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembina Samsat Tingkat Nasional Tahun 2020 dengan tema ‘Pelayanan Prima di Era Digital Menuju Indonesia Maju’ yang digelar di Ballroom JW Marriot, Jakarta. Kamis 26/11/2020. Kapolri Jendral Idham Azis yang membuka rakor melalui video virtual mengatakan sangat mengapresiasi atas kinerja Korlantas Polri yang punya inovasi bagus dalam membangun pelayanan publik berbasis IT.

“Saya sangat memberikan apresiasi kepada tim pembina samsat atas program-program yang mendekatkan kepada masyarakat. Terimakasih juga kepada Kakorlantas dan jajaran atas inovasi yang telah dilaksanakan selama ini. Saya melihat betul-betul trend nya itu menunjukkan arah yang sangat bagus,” kata Kapolri Idham Azis.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam sambutannya melalui video virtual mengatakan pembangunan birokrasi merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang harus menjadi perhatian kita semua. Hal ini merupakan tugas yang sangat besar bagi petugas pelayanan publik di tengah perkembangan digitalisasi dari era revolusi industri 4.0 yang juga banyak membawa perubahan di semua aspek kehidupan.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Dorong Perusahaan Sawit Turut Bertanggung Jawab Atas Kondisi Infrastruktur

Terlebih di situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belom berakhir mengharuskan adanya perubahan pada pelayanan publik. “Untuk menjawab tantangan di atas, Korlantas polri sudah melakukan langkah-pangkah perubahan digitalisasi dengan adanya IT for road safety,” kata Istiono.

Kakorlantas berharap dengan adanya IT fo Road Safety ini, para stakeholder bersama-sama membangun program-program pelayanan prima untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Saya memohon dukungan dari seluruh stakeholder atas segala program-program yang telah kami rangkum. dan saya berdoa semoga kita semua beserta keluarga senantiasa diberikan lindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa kesehatan dalam melaksanakan tugas-tugas kepada bangsa dan negara,” ungkap Kakorlantas.

Baca Juga :  MPR Ingatkan Bahaya Fanatisme yang Bisa Merusak Kemajemukan

Sementara itu, Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf selaku ketua pelaksana menyatakan bahwa Rakor ini merupakan salah satu bentuk wujud peningkatan pelayanan prima di era digital menuju Indonesia maju.

“Dari kegiatan ini kita akan menyamakan persepsi, dimana masing-masing stakeholder punya komitmen bersama untuk memuliakan Samsat ini menjadi lebih baik,” kata Yusuf.

Yusuf melanjutkan bahwa dari kegiatan ini nantinya akan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pelayanan samsat, dan mencari akar permasalahan kemudian mencari solusi bagaimana memecahkan masalah itu, agar ke depan pelayanan bisa lebih baik.

“Samolnas merupakan produk unggulan dari Samsat, setiap saat kita upgrade sesuai perkembangan, apabila disitu perlu adanya penambahan fitur baru kita akan tambah. Kita evaluasi lagi lebih baik. dan ini akan kita kembangkan terus bersama-sama stakeholder terkait,” pungkas Yusuf.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment