by

Jangan Anggap Remeh, Kurang Tidur Bisa Merusak Jantung

Menurut National Sleep Foundation, pada umumnya, orang dewasa harus tidur sekitar 7 hingga 9 jam setiap malam. Walaupun begitu, masih banyak individu yang tidak mendapatkan cukup tidur secara teratur.

Padahal, kurang tidur dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dalam berbagai aspek, dan bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung. Individu yang tidak mendapatkan tidur cukup juga cenderung melewatkan kebiasaan yang berkontribusi pada kesehatan jantung, seperti berolahraga dan makan dengan baik. Sebaliknya, saat tidur nyenyak, kamu bisa melakukan berbagai kebiasaan sehat dengan lebih baik.

Baca juga: Kurang Tidur Saat Hamil Bisa Menyebabkan Diabetes Gestasional

Pengaruh Kurang Tidur Terhadap Kesehatan Jantung

Orang dewasa yang tidur kurang dari 7 jam setiap harinya lebih cenderung memiliki masalah kesehatan. Beberapa di antaranya meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Dilansir dari laman CDC, masalah kesehatan ini meliputi:

Tekanan darah tinggi

Selama tidur normal, tekanan darah akan mengalami penurunan. Jika kamu memiliki masalah tidur atau tidak tidur cukup, artinya tekanan darah kamu tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama. Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah sendiri merupakan masalah yang dialami oleh satu dari tiga orang dewasa di Amerika.

Diabetes tipe 2

Diabetes merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penumpukan glukosa dalam darah, yang merupakan kondisi yang dapat merusak pembuluh darah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat membantu individu meningkatkan kontrol gula darah. Sedangkan, kurang tidur dapat meningkatkan resistensi insulin, salah satu faktor risiko perkembangan diabetes tipe 2. Risiko penyakit jantung sendiri meningkat bagi penderita diabetes.

Obesitas

Kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak sehat, utamanya bagi anak-anak dan remaja, yang membutuhkan lebih banyak waktu tidur daripada orang dewasa. Ini lantaran kurang tidur dapat memengaruhi area otak yang bertugas mengendalikan rasa lapar. Obesitas dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dan menurunnya kadar kolesterol baik. Hal ini memengaruhi aliran darah dan kinerja jantung.

Baca juga: Tidur dalam Keadaan Marah Berdampak Serius pada Kondisi Mental

Tips Tidur Berkualitas

Lantas bagaimana tidur yang cukup dapat membantu melindungi kesehatan jantung? Mari, simak penjelasan berikut ini.

  • Kualitas tidur yang baik menurunkan kerja jantung, karena tekanan darah dan detak jantung menurun saat kamu tidur di malam hari.
  • Orang yang kurang tidur menunjukkan lebih sedikit variabilitas dalam detak jantung mereka, yang berarti detak jantung mereka tetap tinggi, dan hal ini memungkinkan meningkatnya stres.
  • Hormon ghrelin dan leptin, yang mengatur nafsu makan, dapat terganggu karena kurang tidur. Jadi, jika kamu ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan, maka kamu harus mendapatkan tidur yang cukup secara teratur.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, yaitu seperti berikut ini.

  • Buat dan patuhi jadwal tidur yang teratur. Pastikan kamu pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, termasuk pada akhir pekan.
  • Dapatkan cukup cahaya alami, terutama di pagi hari. Kamu bisa mulai dengan berjalan-jalan di pagi hari.
  • Pastikan kamu cukup melakukan aktivitas fisik sepanjang hari. Sebaiknya hindari berolahraga dalam beberapa jam sebelum tidur.
  • Hindari paparan cahaya buatan, khususnya pada waktu menjelang tidur. Pastikan kamu mematikan lampu sebelum tidur dan membatasi paparan cahaya biru dari komputer atau smartphone.
  • Jangan makan atau minum sesaat menjelang tidur, terutama alkohol dan makanan tinggi lemak atau gula.
  • Buat kamar tidur agar dalam keadaan yang nyaman, sejuk, gelap, dan tenang.
  • Cari bantuan medis jika kamu khawatir memiliki masalah kesehatan yang dapat menyebabkan hambatan tidur yang nyenyak.

Wah, ternyata luar biasa bukan pengaruh tidur terhadap kesehatan jantung. Mulai saat ini, yuk pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup demi jantung yang lebih sehat.

Baca juga: Jangan Sembarangan Minum Obat Insomnia, Kenali Efek Sampingnya!

Sumber:

CDC.gov. Sleep and heart helath

Sleepfoundation.org. Sleep foundation recommends new sleep times.

Insider.com. Can lack of slpee cause heart disease?

Comment

Terbaru