Awas Kena Tipu Pencuri Akun PUBG Mobile, Ini Cara Hindarinya!

Developer game sering kali memberikan penawaran berupa insentif kecil sebagai imbalan untuk memainkan game mereka. Game populer seperti PUBG Mobile, baru-baru ini memulai musim barunya, dengan item, monster, dan mekanik terbaru dari game populer lainnya, Metro: Exodus.

Seperti yang sering terjadi, para pelaku kejahatan siber seperti scammer tidak melewatkan peluang bagus ini untuk memanfaatkan aktivitas game baru yang sedang populer.

Kaspersky telah mengidentifikasi setidaknya sebanyak 260 halaman phishing, yang menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk memenangkan item baru PUBG. Untuk mendapatkan hadiah tersebut, pengguna hanya perlu mengirimkan akun game mereka melalui profil Twitter atau Facebook.

Setelah entri gagal, pengguna akan diminta untuk memberikan informasi tambahan, termasuk nama alias yang mereka gunakan dalam game, nomor telepon, dan detail pribadi lainnya.

Baca Juga :  Kolaborasi DANA-TikTok, Bisa Tarik Hadiah TikTok Jadi Saldo

Akibatnya, para scammer tidak hanya mendapatkan akun media sosial pengguna tetapi juga detail pribadi tambahan ini – semua upaya ini bertujuan untuk menjual akun game pengguna dan mendapatkan keuntungan.

Awas Kena Tipu Pencuri Akun PUBG Mobile, Ini Cara Hindarinya! 2

“Para pelaku kejahatan siber jelas mempersiapkan diri mereka dengan sangat baik untuk menyambut musim permainan baru. Halaman phishing yang kami temukan dirancang dengan cara yang sangat meyakinkan, baik dalam desain maupun antarmuka, yang biasanya sangat familiar bagi para gamer,” komentar Tatyana Shcherbakova, pakar keamanan di Kaspersky.

Awas Kena Tipu Pencuri Akun PUBG Mobile, Ini Cara Hindarinya! 3

Untuk menghindari menjadi korban phishing dengan skema tersebut, Kaspersky memiliki rekomendasi bagi para gamer:

  • Jangan turut bergabung dalam undian apapun, selain dari situs web game resmi
  • Periksa informasi melalui sumber resmi. Jika aktivitas terkait benar-benar ada, para pengembang game kemungkinan tidak akan merahasiakannya
  • Walaupun demikian, skema ini bisa sangat meyakinkan – jika tidak melihat dengan lebih teliti, kemungkinan Anda tidak mengenali penipuan tersebut. Sebaiknya gunakan solusi keamanan yang andal yang tidak akan membiarkan Anda mengunjungi halaman phishing
Baca Juga :  Telkomsel Pastikan BTS USO Di Daerah 3T Didukung 4G LTE

Temukan lebih banyak detail mengenai skema phishing PUBG di sini.

The post Awas Kena Tipu Pencuri Akun PUBG Mobile, Ini Cara Hindarinya! appeared first on KalbarOnline.com.

Comment