Seleksi Anggota FKDM se-DKI Jakarta Berlangsung Ketat

KalbarOnline.com – Seleksi calon anggota Forum Komunikasi Kewaspadaan Dini (FKDM) tingkat Kelurahan dan Kecamatan se-DKI Jakarta dibanjiri peminat. Bahkan di beberapa wilayah jumlahnya melebihi dua kali lipat dari yang dibutuhkan. Hal ini membuat persaingan menjadi anggota FKDM se-DKI makin ketat.

Sesuai dengan ketentuan, di tingkat kelurahan, anggota FKDM beranggotakan 7 orang, dan 9 orang di tingkat kecamatan. Jika Kelurahan se- DKI sebanyak 267 berarti membutuhkan
267 x 7 =1.869 orang, dan 45 kecamatan berarti membutuhkan 44 x 9 = 396 orang.

“Banyaknya animo masyarakat yang ingin menjadi anggota FKDM, menunjukkan eksistensi FKDM menjadikan organisasi kemasyarakatan plat merah ini makin dilirik oleh berbagai kalangan. Selan itu, peran serta fungsi FKDM dirasakan makin dibutuhkan dan diperhitungkan,” kata anggota FKDM DKI Achmad Fachrudin kepada Indopolitika Rabu (25/11/2020).

Baca Juga :  Begini Prosedurnya untuk Dapatin Keringanan Cicilan Kredit Bank atau Leasing

Mengutip arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tantangan FKDM DKI ke depan makin kompleks, terlebih saat ini seluruh dunia, termasuk Jakarta tengah dilanda Pandemi Covid-19. Di luar itu, problem sosial, ekonomi, politik, budaya dan sebagainya di Jakarta makin kompleks.

Hal ini menurut Achmad Fachrudin yang biasa disapa Abah, menuntut tersedianya anggota FKDM yang memiliki wawasan, profesionalitas, integritas dan kompetensi memadai dalam melakukan kewaspadaan dan pencegahan dini dari segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG).

Baca Juga :  Warga Kemayoran Tolak Wisma Atlet jadi Tempat Isolasi Pasien Corona

Khusus terkait dengan proses seleksi anggota FKDM tingkat Kelurahan dan Kecamatan yang sekarang ini memasuki tahap pemeriksaan berkas calon. Mantan Ketua KPU Jakarta Selatan tersebut berharap, calon mengenal wilayah dan dikenal oleh berbagai elemen dan komponen masyarakat setempat. sehingga diharapkan dapat mempermudah dalam melaksanakan tugasnya sebagai anggota FKDM. [rif]

Comment