by

Selama 10 Bulan Toyota Avanza Masih Menjadi Raja di Segmen Low MPV

KalbarOnline.com – Kejar target akhir tahun sangat susah dilakukan dalam situasi pandemi, berbagai strategi dilakukan oleh Agen Pemegang Merek untuk mencapainya. Angka penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia pada Oktober alami peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Akan tetapi sangat jauh alami penurunan bila dibandingkan penjualan dibulan yang sama (Oktober) di tahun 2019. Bahkan bisa dikatakan penurunannya sangat drastis. Bila melihat data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Oktober 2020 meningkat.

Tercatat jumlah mobil yang dibeli konsumen (ritel) pada Oktober tahun ini sebanyak 46.129 unit. Angka ini naik 5,9% dibanding September yang sebanyak 43.362 unit. Namun, jumlah itu turun 42.785 unit dibanding Oktober 2019 yaitu sebanyak 88.914 unit.

Menariknya di segmen yang banyak peminatnya yaitu Low MPV, sejumlah merek mencatatkan kenaikan penjualan. Diantaranya Toyota Avanza, mencatat penjualan 2.694 unit, naik tipis dibanding penjualan September yang sebanyak 2.691 unit. Bahkan angka penjualan Oktober itu tercatat melompat jauh dibanding Agustus yang sebanyak 2.231 unit.

Sedangkan pada merek Honda dengan Mobilio nya juga membukukan selama Oktober Low MPV Honda mampu mencatat angka penjualan 535 unit, naik 2% dibanding September yang sebanyak 526 unit. Fakta menunjukkan, penjualan pada September itu tumbuh 29% dibanding Agustus yang 408 unit.

Harus diakui bila dibanding Avanza, angka penjualan Honda Mobilio masih jauh tertinggal. Akan tetapi angka penjualan ritel Mobilio ternyata lebih unggul dibanding pesaing lain yaitu Suzuki Ertiga. Dimana pada bulan yang sama hanya menjual sebanyak 457 unit.

Terkait hal ini Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan kalau angka penjualan ritel Ertiga pada Oktober itu setara dengan 8% dari total pejualan ritel Suzuki yang mencapai 5.715 unit. Menurutnya Ertiga menjadi salah satu penyokong utama penjualan Suzuki Indonesia, selain pikap Suzuki Carry dan Suzuki XL7.

“Angka penjualan Suzuki pada bulan Oktober lalu yang kembali stabil, ini didominasi produk-produk buatan Indonesia sebesar 95%,” ucap Donny dalam keterangan resmi kepada KalbarOnline.com (25/11).

Dalam catatan kami Toyota Avanza yang bermain di segmen Low MPV masih menjadi nomer satu mengungguli Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Bahkan yang mengejutkan Toyota Avanza meninggalkan saudara kembarrnya – Daihatsu Xenia dalam penjualan ritel sepanjang Januari hingga Oktober.

Karena selama sepuluh bulan pertama, Daihatsu Xenia hanya mampu mencatatkan penjualan ritel sebanyak 7.968 unit. Biasanya duo kembar ini selalu dalam peringkat yang berurutan.

Comment

News Feed