Categories: Internasional

Biden Gemakan America is Back, Pengganti Kebijakan Trump America First

KalbarOnline.com – Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden menggaungkan kebijakan America is Back pada Selasa (24/11). Slogan tersbeut untuk mengganti kebijakan luar negeri America First yang selama empat tahun terakhir dijalankan Presiden Donald Trump.

Ketika mengenalkan kebijakan luar negeri serta tim keamanan nasionalnya, termasuk Antony Blinken sebagai calon menteri luar negeri, Biden menyebut tim akan menyudahi pemikiran kolot dan kebiasaan tanpa perubahan. Tentunya dalam pendekatan baru hubungan internasional AS.

  • Baca juga: Dapat Akses Transisi Pemerintahan, Biden Segera Menuju Gedung Putih

“Mereka adalah tim yang mencerminkan fakta bahwa Amerika kembali, siap untuk memimpin dunia, dan tidak menarik diri, kembali lagi menduduki kursi penting, siap melakukan konfrontasi terhadap lawan kami dan tidak menyingkirkan sekutu kami, serta siap untuk mempertahankan nilai-nilai kami,” papar Biden seperti dilansir Reuters.

Pemerintahan Biden akan mulai resmi menjalankan kekuasaan pada 20 Januari 2021. Biden telah memberikan sinyalemen untuk membalikkan AS dari pendekatan nasionalisme unilateral yang dilakukan Trump.

Di bawah kepemimpinan Trump, AS menunjukkan sikap ketidakpastian terhadap banyak sekutu tradisional AS di Eropa dan bagian dunia lainnya dengan pendekatan antagonistik pada aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan relasi dagang. Trump juga membawa AS hengkang dari sejumlah perjanjian multilateral misalnya Kesepakatan Paris, perjanjian nuklir Iran, WHO, serta menjalin hubungan yang hangat dengan para pemimpin otoriter.

Sedangkan kebijakan luar negeri di era Biden nanti diperkirakan akan cenderung kembali pada pendekatan multilateral dan diplomatik. Ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan Washington dengan negara kunci sekutu dan menyasar pada jalan baru atas isu global, seperti perubahan iklim.

Janji Biden untuk merangkul sekutu AS, termasuk di wilayah Asia-Pasifik, menyusul ketegangan relasi bilateral antara AS dengan Tiongkok. Biden bakal memperbaiki hubungan AS dan Tiongkok menjadi lebih baik sehingga tidak ada saling curiga.

Saksikan video menarik berikut ini:

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Pj Gubernur Harisson Harapkan HMI Kuat Secara Intelektual dan Mandiri Secara Finansial

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Badan Koordinasi (Badko)…

3 hours ago

Kodim Putussibau Razia Pemain Layangan di Wilayah Putussibau Kota

KalbarOnline, Putussibau - Anggota Kodim 1206/Putussibau beserta Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan razia penertiban…

5 hours ago

Jadi Tuan Rumah, Polda Kalbar Ajak Masyarakat Dukung dan Sukseskan Kejuaraan Proliga Volley 2024

KalbarOnline, Pontianak - Polda Kalbar meminta kepada seluruh masyarakat Kalbar dapat mendukung dan turut memeriahkan…

5 hours ago

Pj Gubernur Harisson Buka Kejurnas Angkat Besi di GOR Pangsuma Pontianak

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka kejuaraan nasional (kejurnas) angkat…

5 hours ago

Harisson Lantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar Periode 2024 – 2029

KalbarOnline, Pontianak - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson melantik Pengurus LPTQ Provinsi Kalimantan Barat…

5 hours ago

Optimalisasi Peran Tim Pendamping Keluarga Cegah Stunting

KalbarOnline, Pontianak - Peran keluarga perlu dioptimalkan dan menjadi entitas utama dalam pencegahan stunting. Untuk…

5 hours ago