Biden Gemakan America is Back, Pengganti Kebijakan Trump America First

KalbarOnline.com – Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden menggaungkan kebijakan America is Back pada Selasa (24/11). Slogan tersbeut untuk mengganti kebijakan luar negeri America First yang selama empat tahun terakhir dijalankan Presiden Donald Trump.

Ketika mengenalkan kebijakan luar negeri serta tim keamanan nasionalnya, termasuk Antony Blinken sebagai calon menteri luar negeri, Biden menyebut tim akan menyudahi pemikiran kolot dan kebiasaan tanpa perubahan. Tentunya dalam pendekatan baru hubungan internasional AS.

  • Baca juga: Dapat Akses Transisi Pemerintahan, Biden Segera Menuju Gedung Putih

“Mereka adalah tim yang mencerminkan fakta bahwa Amerika kembali, siap untuk memimpin dunia, dan tidak menarik diri, kembali lagi menduduki kursi penting, siap melakukan konfrontasi terhadap lawan kami dan tidak menyingkirkan sekutu kami, serta siap untuk mempertahankan nilai-nilai kami,” papar Biden seperti dilansir Reuters.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 sudah Mulai di Singapura, Indonesia Kapan?

Pemerintahan Biden akan mulai resmi menjalankan kekuasaan pada 20 Januari 2021. Biden telah memberikan sinyalemen untuk membalikkan AS dari pendekatan nasionalisme unilateral yang dilakukan Trump.

Di bawah kepemimpinan Trump, AS menunjukkan sikap ketidakpastian terhadap banyak sekutu tradisional AS di Eropa dan bagian dunia lainnya dengan pendekatan antagonistik pada aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan relasi dagang. Trump juga membawa AS hengkang dari sejumlah perjanjian multilateral misalnya Kesepakatan Paris, perjanjian nuklir Iran, WHO, serta menjalin hubungan yang hangat dengan para pemimpin otoriter.

Baca Juga :  Tiongkok Serang Balik, Tuding AS Sebar Virus Politik dan Kebohongan

Sedangkan kebijakan luar negeri di era Biden nanti diperkirakan akan cenderung kembali pada pendekatan multilateral dan diplomatik. Ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan Washington dengan negara kunci sekutu dan menyasar pada jalan baru atas isu global, seperti perubahan iklim.

Janji Biden untuk merangkul sekutu AS, termasuk di wilayah Asia-Pasifik, menyusul ketegangan relasi bilateral antara AS dengan Tiongkok. Biden bakal memperbaiki hubungan AS dan Tiongkok menjadi lebih baik sehingga tidak ada saling curiga.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment