by

Tips Dan Trik Maksimalkan NFC Di Smartphone

Tentu kita sering mendengar NFC pada smartphone. NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. NFC merupakan protokol untuk menghubungkan dua buah perangkat elektronik yang berada dalam jarak sangat dekat, paling jauh 4 cm.

NFC sendiri melakukan koneksi melalui gelombang radio, karena pada dasarnya teknologi ini bersumber dari teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Salah satu keunggulan NFC yaitu kecepatan koneksi yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk menghubungkan dua perangkat.

Fitur NFC ini sudah dikembangkan sejak akhir dekade 1990-an hingga awal tahun 2000-an. Samsung menjadi produsen ponsel pertama yang melahirkan ponsel Android dengan fitur NFC ini dengan meluncurkan Samsung Nexus S pada tahun 2010.

Fitur NFC biasanya hadir pada smartphone kelas atas, namun kini fitur premium tersebut dihadirkan Samsung pada seri smartphone kelas menengah yang dibandrol dengan harga relatif terjangkau, seperti Galaxy A31 dan Galaxy A21.

Popularitas NFC semakin meningkat sejalan dengan tren pembayaran digital yang populer dan mulai menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia dengan sebutan Casless society.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan kehadirannya dapat mempermudah transaksi jual-beli yang selama ini kita lakukan dengan cara konvensional.

Teknologi NFC (Near Field Communication) merupakan salah satu teknologi penunjang cashless society, teknologi tersebut berguna saat seseorang ingin mengisi atau hanya sekadar memeriksa saldo kartu elektroniknya.

Cek Dan Isi saldo Kartu uang elektronik

Salah satu fungsi NFC yang terpopuler memang untuk mengecek (atau mengisi) saldo kartu uang elektronik yang diterbitkan sejumlah bank di Indonesia.

Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang sehari-hari melakukan berbagai pembayaran dengan kartu uang elektronik seperti naik Transjakarta, Commuterline, MRT atau membayar biaya jalan tol.

Tak perlu repot-repot, cukup aktifkan NFC di Galaxy A21 atau Galaxy A31 kalian, kemudian tempelkan kartu untuk memeriksa saldo (atau mengisi saldo) kartu sebelum menggunakannya.

Beberapa e-commerce dan penyedia layanan uang digital di Indonesia juga sudah menyediakan fitur top-up saldo melalui NFC.

Pembayaran Digital Mudah Dan Cepat

Salah satu fungsi terbaik NFC adalah sebagai perantara pembayaran. Kita bisa menyimpan informasi kartu kredit dalam aplikasi seperti Samsung Pay, DANA,OVO, Jenius dan layanan pembayaran digital lainnya di Smartphone Galaxy A21 dan Galaxy A31.

Selanjutnya cukup mendekatkan ponsel ke dekat terminal pembayaran saat dibutuhkan. Tanpa harus mengeluarkan kartu fisik, menggesek serta memasukkan PIN/tanda tangan, pembayaran berjalan dengan kilat.

Lebih Aman

Bagaimana dengan faktor keamanannya? NFC cukup aman karena pengguna yang melakukan pembayaran harus membuka aplikasi payment seperti Samsung Pay atau Paypal terlebih dahulu di dalam smartphone Galaxy A21 dan Galaxy A31. Artinya, meski smartphone NFC didekatkan ke terminal pembayaran, bila aplikasinya tidak aktif, maka pembayaran tidak akan terjadi.

Selain itu, pembayaran melalui NFC aman karena ponsel harus berada dalam jarak yang sangat dekat dengan terminal pembayaran (di bawah 4cm). Agak sulit untuk orang yang berniat jahat untuk membajak transaksi karena berarti ia harus berada dalam jarak yang sangat dekat dengan smartphone pembayar. Sebagian aplikasi pembayaran NFC juga mensyaratkan validasi berupa scan sidik jari atau PIN sebagai lapisan keamanan terakhir.

Cara Mengaktifkan NFC Di Galaxy A21 Dan Galaxy A31

  • Buka menu Setting pada smartphone Samsung Galaxy A21 Dan Galaxy A31
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu Connections
  • Lalu tap menu NFC dan aktifkan
  • Maka dengan otomatis fitur NFC di smartphone samsung sudah aktif
  • Untuk menggunakannya silahkan dekatkan dengan alat lain yang memiliki fitur NFC
  • Maka dengan otomatis akan menunjukan sisa saldo uang digital yang tersimpan
  • Pastikan jarak yang gunakan cukup dekat dan juga alat yang digunakan berada di belakang smartphone
  • Untuk pengaturan NFC lebih lanjut kita bisa melakukan beberapa setting dengan cara membuka opsi NFC and Payment setelah tombol NFC di aktifkan. Dimana ada fitur tap and pay yang akan bisa kita gunakan untuk mengatur berbagai pembayaran yang akan digunakan selain juga kita bisa mengaturnya dengan berbagai kebutuhan.

Samsung Galaxy A21
Galaxy A21 jadi smartphone paling terjangkau yang memiliki fitur NFC. Kinerja NFC didukung oleh prosesor Helio P35 Octa-core (4×2.3 GHz & 4×1.8 GHz) dan GPU PowerVR GE8320 yang didorong RAM 3GB. Ditambah lagi kapasitas memori internal 32GB yang membuatnya leluasa dengan tambahan memori eksternal hingga 512GB.

Transaksi digital lebih leluasa dengan layar luas Galaxy A21 dengan ukuran 6,5 inci HD+ 720 x 1600 piksel. Untuk daya tahan energi, tak perlu khawatir Galaxy A21 memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh yang sudah didukung pengisian cepat 15 watt.

Samsung Galaxy A31
Selain Fitur NFC yang tersemat, kinerja transaksi digital lebih nyaman di Galaxy A31 dengan chipset Mediatek Helio P65 dengan 6 core Cortex-A55 1,7 GHz untuk efisiensi dan 2 core Cortex-A75 2 GHz untuk kecepatan performa lancar. Dorongan RAM 8GB dan Memori Internal 128GB sudah jadi jaminan performa mulus apalagi tampilan grafisnya di dukung oleh Mali-G52 MC2.

Kenyamanan transaksi digital didukung oleh bentang layar super Amoled 6,4 inci beresolusi 1080 x 2400 piksel (FHD+). Layar ini hemat konsumsi energi, apalagi Galaxy A31 sudah dibekali baterai 5.000 mAh dan dukungan pengisian cepat 15 watt.

The post Tips Dan Trik Maksimalkan NFC Di Smartphone appeared first on KalbarOnline.com.

Comment

News Feed