by

Terbaik Dunia Bulan Ini: Terence Crawford No 1, Monster Jepang No 3

KalbarOnline.com- Terence Crawford mencatat hasil luar biasa dalam kariernya. Dia meraih delapan kemenangan KO secara beruntun. Terbaru, Crawford mengalahkan Kell Brook di MGM Grand Garden Conference Center, Las Vegas (15/11).

Crawford menang KO pada ronde keempat. Kemenangan solid itu membuat Crawford berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas welter WBO miliknya.

Secara total, Crawford selalu menang dalam 37 pertarungan. Di antara 37 duel itu, Crawford itu mencatat 28 kemenangan KO. Crawford sendiri pernah memegang gelar juara di tiga kelas berbeda.

Karena hasil-hasil fantastis tersebut, ESPN menempatkan Crawford sebagai petinju nomor satu dunia dari semua kelas yang tersedia (pound-per-pound). “Tidak ada keraguan, Crawford tetap berada di posisi teratas dalam daftar ini,” tulis ESPN.

Penulis ESPN Ben Baby sangat percaya bahwa tidak ada satupun petinju di dunia ini yang berhak memegang gelar nomor satu di dunia selain Crawford. Itu minimal sampai Crawford menghadapi petarung elite di kelas welter.

Kel Dansby, penulis ESPN lainnya memiliki pendapat yang berbeda. Dia mengatakan bahwa mantan juara dunia empat divisi Saul ‘Canelo’ Alvarez adalah yang paling berhak berada di puncak daftar.

  • Baca Juga: Kalahkan Canelo dan Monster Jepang, Pacquiao Petinju Terbaik Tahun Ini

“Walaupun Crawford mencatat kemenangan TKO luar biasa melawan Brook, Alvarez bagi saya tetap di atas karena resume kariernya yang sangat luar biasa,” kata Dansby.

“Walaupun dia sempat kalah, namun satu-satunya kekalahannya terjadi di tangan Floyd Mayweather. Yang jelas, Canelo sangat luar biasa karena dia menantang dan mengalahkan banyak sekali petarung-petarung terbaik di dunia,” tambah Dansby.

Alvarez memang kalah sekali dalam 56 pertarungan. Namun, itu tidak mengurangi statusnya sebagai salah seorang petinju terbaik di dunia.

Sang Monster asal Jepang Naoya Inoue menempati posisi ketiga dalam daftar ESPN. Kemenangan dominannya melawan Jason Moloney memang berhasil membuatnya tetap menjadi juara dunia kelas bantam WBA, IBF, dan The Ring. Tetapi itu masih belum cukup untuk menggeser posisi Alvarez di posisi kedua.

Naoya Inoue (kanan) menghajar Jason Moloney. (Mikey Williams/Top Rank)

Berada di posisi keempat adalah juara dunia kelas welter Errol Spence Jr. Sementara itu, juara dunia sejati kelas ringan Teofimo Lopez ada di peringkat kelima.

Salah seorang yang tidak masuk daftar adalah juara dunia kelas ringan junior Gervonta Davis. Walaupun dia tampil luar biasa dengan memukul KO Leo Santa Cruz awal bulan ini, tetapi Davis dianggap belum berhak menembus daftar 10 besar. “Namun, hanya masalah waktu dia akan masuk dalam list,” begitu tulis ESPN.

Petinju 10 Besar Dunia Bulan November

(Versi ESPN)

1. Terence Crawford, juara dunia kelas welter.
2. Saul Canelo Alvarez, juara dunia kelas menengah.
3. Naoya Inoue, juara dunia kelas bantam.
4. Errol Spence Jr, juara dunia kelas welter.
5. Teofimo Lopez, juara dunia sejati kelas ringan.
6. Vasiliy Lomachenko, mantan juara dunia kelas ringan.
7. Oleksandr Usyk, mantan juara dunia kelas penjelajah.
8. Tyson Fury, juara dunia kelas berat.
9. Juan Francisco Estrada, juara dunia bantam junior.
10. Gennady Golovkin, juara dunia kelas menengah.

Comment

News Feed