by

Dua Pemain Naturalisasi Siap Main, Timnas Fokus Kalahkan Thailand

KalbarOnline.com – Jadwal timnas basket Indonesia di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 kerap berubah. Terakhir, skuad Merah Putih dijadwalkan hanya menghadapi Thailand pada 28 November di Khalifah Sport City, Bahrain.

Karena hanya melawan Thailand, jadwal keberangkatan ke Bahrain pun diubah. Hal itu disampaikan Manajer Timnas Fareza Tamrella. Sebelumnya, timnas dijadwalkan terbang pada Minggu (22/11).

Itu merupakan jadwal jika melawan Korea Selatan dilangsungkan. Namun, karena hanya satu pertandingan, yakni melawan Thailand, timnas pun berangkat dua hari sebelum laga. ”Rencana terbang Kamis (26/11),” katanya kemarin.

Kendati demikian, keberangkatan yang terbilang mepet itu tidak begitu berpengaruh bagi tim. Sebab, selama latihan di Jakarta, intensitas latihan tetap terjaga. Justru, tantangan bagi timnas saat ini adalah menyatukan chemistry antar pemain.

Sebab, separo skuad yang diboyong merupakan muka baru. Sebagaimana diketahui, tim Merah Putih sudah menentukan 12 pemain.

  • Baca Juga: Dua Pemain Naturalisasi Masuk Skuad, Timnas Putuskan Coret Tiga Nama

Enam pemain yang sudah menjadi bagian sejak jendela pertama adalah Abraham Dahar Grahita, Andakara Prastawa Dhyaksa, Hardianus Lakudu, Vincent Rivaldi Kosasih, Arki Dikania Wisnu, dan Kevin Yonas Sitorus.

Sementara itu, separo lainnya merupakan pemain baru untuk jendela kedua. Yakni, Juan Laurent Kokodiputra, Widyanta Putra Teja, Govinda Julian Saputra, Agassi Yesse Goantara, Brandon Jawato, dan Lester Prosper.

Abraham menyatakan, separo pemain baru tidak begitu berpengaruh. Sebab, mereka sudah sama-sama menjalani TC selama tiga bulan. ”Lester dan Brandon sudah lama ikut juga,” ujar Abraham.

Abraham menilai dua pemain tersebut bisa membantu tim untuk bisa menaklukkan lawan. Laga melawan tim Negeri Gajah Putih menjadi hidup mati bagi timnas untuk memelihara peluang lolos ke babak selanjutnya.

Pemain yang bakal bermain bersama Prawira Bandung di IBL 2021 itu menyebutkan, saat ini belum tergambar bagaimana kekuatan lawan. ”Thailand belum rilis pool buat pemainnya. Jadi, saya belum tahu siapa-siapa yang main atau saya belum lihat. Pelatihnya juga ganti. Belum bisa kasih komentar,” ungkapnya.

Karena itu, dia hanya berfokus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk meraih kemenangan.

Di sisi lain, Andakara Prastawa mengaku sudah memiliki gambaran soal Thailand karena sering bertemu. ”Sudah kenal (karakter, Red) pemain-pemainnya. Mungkin sistemnya saja yang kami belum tahu,” paparnya.

Comment

News Feed