by

Bangun Pelayanan Anti Korupsi, Korlantas Gelar IT Road Safety Expo

KalbarOnline.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara perdana menyelenggarakan IT Road Safety Expo 2020. Acara digelar di Aula Djajoesman, Korlantas Polri, Jakarta Timur, pada Selasa (24/11).

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis membuka langsung kegiatan tersebut secara virtual. Menurutnya, teknologi sangat dibutuhkan terutama dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Perkembangan kehidupan masyarakat yang sangat cepat menjadikan permasalahan lalu lintas dan angkutan jalan makin kompleks dan dinamis. Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas Indonesia, maka Polri melakukan upaya peningkatan dengan modernisasi sistem teknologi informasi secara berkelanjutan,” kata Idham.

Idham berharap melalui kegiatan ini bisa menciptakan budaya aman dan tertib berlalu lintas. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar dalam mewujudkan institusi Polri yang semakin dicintai oleh masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menambahkan, pembangunan IT di road safety dalam bentuk back office, aplikasi, dan network yang berbasis artificial intellegent dan internet of think. Program ini merupakan langkah Korlantas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tentunya ini mempermudah pelaksanaan tugas Korlantas. Dan program road safety policing ini disiapkan sebagai langkah terobosan kreatif penjabaran kebijakan Kapolri pada fungsi lalu lintas yang berbasis teknologi untuk terbangunnya big data dan one gate service,” ucap Istiono.

Dia menjelaskan, sistem jaringan yang dibangun dan dioperasionalkan dalam road safety policing merupakan sistem back office, aplikasi dan network untuk mendukung program inisiatif anti korupsi, reformasi birokrasi, dan mewujudkan pelayanan prima yang memenuhi standard. Melalui progam ini maka pelayanan akan cepat, tepat, akurat, transparan, akuntabel, informatif, dan mudah diakses.

“Di masa Pandemi ini kita sangat mendorong inovasi-inovasi pelayanan publik yang berbasis IT. Kita juga melakukan langkah-langkah terobosan untuk mengurangi kerumunan orang datang ketempat lokasi pelayanan dan ini sangat membantu sesuai kondisi saat ini yaitu memenuhi Prokol Kesehatan Covid-19,” terangnya.

Expo IT Road for Safety disemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti pameran Virtual dan seminar IT secara daring terkait dengan penggunaan TI untuk road safety (keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara). Pameran dan seminar Expo IT Road Safety 2020 bertema Standardisasi dan Integrasi Sistem TI Korlantas Polri. Acara akan dilangsungkan selama tiga hari, sejak 24-26 November 2020.

Comment

News Feed